inilah 6 solusi menanggulangi perpecahan umat dalam surat arrum 30-32

inilah 6 solusi menanggulangi perpecahan umat dalam surat arrum 30-32

Allah azza wa jalla berfirman:

(فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُون َ*  مُنِيبِينَ إِلَيْهِ وَاتَّقُوهُ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَلَا تَكُونُوا مِنَ الْمُشْرِكِينَ * مِنَ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا ۖ كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ)

"Maka dirikanlah agama Allah dengan penuh rasa tunduk; (tetaplah di atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.
Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.
Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka". (QS: Ar-Rum: 30-32)

inilah 6 solusi menggulangi perpecahan umat dalam surat arrum 30-32
image ilustration from www.topik9.com

Catatan:
Ayat ini selain mengandung ancaman yang besar bagi perpecahan yang ditimbulkan oleh pelaku kesyirikan, ia juga mengandung tawaran solusi dalam menanggulangi perpecahan ummat. Yaitu dengan:

1. Menegakkan agama dengan penuh rasa tunduk dan sukhusyu'.
2. Belajar
3. Bertaubat
4. Bertaqwa.
5. Mendirikan Sholat, dan
6. Menjauhi kesyirikan

Wallahu a'lam

(Diringkas dari risalah Manhaj Ahlussunnah Fi Tauhid Al-Ummah oleh Prof. Dr. Abdurrazzaq Al-badr -hafidzhohullah-  ) (*) (*) Ustadz Aan Candra Thalib حفظه الله تعالى
terima kasih telah membaca tulisan ini tentang "
inilah 6 solusi menanggulangi perpecahan umat dalam surat arrum 30-32" share keteman-teman antum

baca juga

Tidak ada komentar: