inilah jawaban ilmiah, penyebab kendaraan mati mendekati rel kereta api

kumpulankonsultasi- INFO PENTING BAGI PENGEMUDI MOBIL. Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel kereta api?, Orang awam mengira hal ini di sebabkan  karena perlintasan tersebut angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll

Penjelasan teknis :Di lokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, Jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dari lokomotif. 

baca juga: 11 kata mutiara rahasia kebahagiaan

Saat kendaraan bermotor melintasi rel kereta api, biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada, dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie kereta api yg dihantarkan oleh rel kereta api. 
inilah jawaban ilmiah, penyebab kendaraan mati mendekati rel kereta api
image ilustration metrosiantar.com

Oleh Karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum kereta api mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel kereta api yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sudah lemah dapat MATI ( mesin mati).

Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, Karena mesin mobil akan susah untuk di starter kembali.

Maka disarankan jangan melintasi rel kereta api bila sudah terlihat kereta api walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat A tdk bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tdk ada friksi, rata- rata kereta api akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem".

sumber: (Bagas Senoadji / PPNS Perkereta-apian). Smg bermanfaat.

Tidak ada komentar: