BU, CALON ISTRI KU TIDAK BISA MASAK

"Ibu masak apa? Boleh aku bantu?"
"Ini masak ikan Gurame kesukaan bapak"
"Alhamdulillah, pasti lezat. Bu, calon istri ku tidak bsa masak"
"Iya. Lalu kenapa?"

"Ya tidak kenapa-kenapa bu, cuma mau cerita aja. Takut ibu kecewa. Hehe"
"Apa kamu pikir tugas mencuci, memasak, menyapu, mengurus rumah dll adalah kewajiban wanita?"

Aku menatap ibu tidak paham, lalu beliau melanjutkan, "Ketahuilah nak, itu adalah kewajiban lelaki, kewajibanmu nanti jika menjadi suami"

"Loh bakannya ibu setiap hari melakukannya?"
"Kewajiban istri adalah taat & mencari ridho suami. Karena bapakmu mungkin tidak bisa mengurusi rumah, jadi ibu bantu mengurus rumahnya bukan atas nama kewajiban, tapi sebagai wujud cinta dan juga wujud istri yang mencari Ridho suami"

"Aku bingung bu"
"Baik sayang. Ini ilmu untukmu yang mau menikah. Mnurut kamu, pengertian nafkah apa? Bukankah kewajiban laki2 menafkahi istri? Baik itu sandang, pangan dan papan kan?"
"Iya tentu saja ibu"
BU, CALON ISTRI KU TIDAK BISA MASAK
"Nah, Pakaian yang brsih itu nafkah, sehingga mencuci adalah kewajiban suami. Makanan itu nafkah jdi kalau masih berupa beras itu masih setengah nafkah, karna belum bisa dimakan maka memasak itu kewajiban suami. Lalu menyiapkan tempat tinggal itu adalah suami maka membersihkn rumah juga kewajiban suami"

"Waah sampai segitunya yah bu? Lalu jika seperti itu mengapa ibu masih tetap melakukan itu semua bu tanpa menuntut bapak?"

"Karena ibu ingin dapatkan Ridho suami, ibu mencari pahala agar slamat di akhirat sana. Karna ibu mencintai ayahmu, mana mungkin Ibu tega membiarkan ayahmu melakukan itu semua."

Aku mulai paham dan diam terpesona.
"Jadi laki2 slah sangka yah bu, harusnya suami lebih bersyukur dan berterima kasih kepada istri. Mhh tapi bu, kalau calon istriku tau hal ini lalu dia malas2an, bgaimana bu?"

"Wanita beragama yg baik tentu tahu bahwa ia ingin mencari Ridho suaminya, sehingga tidak mungkin ia setega itu. Sedang laki2 beragama yg baik tentu tahu bahwa istrinya telah banyak membantu sehingga tidak ada cara lain selain lebih mencintainya. Menikah bukan soal menuntut hak, istri menuntut haknya dan suami tuntut hakny pula. Tapi menikah itu berlomba2 brusaha melakukan hal yg terbaik, istri bantu suami dan suamipun harus bantu istri. Toh impiannya juga ingin ke syurga.

sumber: akun fb ukhti ana

Tidak ada komentar: