nih TIGA JENIS ULAMA anda ikut yang mana?

1. ULAMA AGAMA 
Dialah ulama yang menyebarkan agama Islam, berfatwa sesuai dengan ajaran Islam berdasarkan ilmu, dia tidak peduli apakah petunjuk syari'at itu mencocoki hawa nafsu manusia ataukah tidak.

2. ULAMA NEGARA
Dialah ulama yang melihat pada apa yang dimaukan oleh Negara, lalu dia berfatwa sesuai dengan keinginan Negara, sekalipun dengan cara memalingkan makna kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya shallallahu 'alihi wa sallam.

3. ULAMA UMAT
Dialah ulama yang melihat pada apa yang diridhai oleh manusia. Jika ia memandang manusia ada pada suatu keadaan maka ia akan berfatwa dengan sesuatu yang membikin ridha mereka. Lalu ia berupaya memalingkan makna nash-nash kitab dan sunnah demi mencocokkan dengan hawa nafsu manusia.

Kita memohon kepada Allah agar menjadikan kita termasuk diantara ULAMA AGAMA yang beramal dengannya."

nih TIGA JENIS ULAMA anda ikut yang mana?

[[ Syarh Riyadhis Shalihih : 4/307-308 ]] oleh Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin rahimahullah

وما أحسن ما قاله العلامة الشيخ ابن عثيمين رحمه الله: ليس كل عالم يكون ثقة، فالعلماء ثلاثة: علماء ملة، وعلماء دولة، وعلماء أمة. أما علماء الملة - جعلنا الله وإياكم منهم - فهؤلاء يأخذون بملة الإسلام وبحكم الله ورسوله صلى الله عليه وسلم، ولا يبالون بأحد كائناً من كان. وأما علماء الدولة فينظرون ماذا يريد الحاكم، يصدرون الأحكام على هواه، ويحاولون أن يلووا أعناق النصوص من الكتاب والسنة حتى تتفق مع هوى هذا الحاكم، وهؤلاء علماء دولة خاسرون، وأما علماء الأمة فهم الذين ينظرون إلى اتجاه الناس، هل يتجه الناس إلى تحليل هذا الشيء فيحلونه، أو إلى تحريمه فيحرمونه، ويحاولون أيضاً أن يلووا أعناق النصوص إلى ما يوافق هوى الناس. اهـ.

Tidak ada komentar: