masih suka begadang? inilah 5 pengaruh buruk akibat kurang tidur

masih suka begadang? inilah 5 pengaruh buruk akibat kurang tidur

berkaitan dengan kondisi teman saya yang sibuk sehingga termakan waktu istirahatnya, pagi kuliah hingga sore, pada malam hari berjualan hingga larut malam. hal ini rutin dia lakukan tanpa dia sadari telah memberikan dampak buruk terhadap  tubuhnya. tidak bisa tidur maka harus dibantu obat, nauzubillah. pelajaran untuk kita bersama agar tahu hak tubuh, jika dilakukan sekali kali mungkin tidak terlalu nampak efek buruknya tapi jika dilakukan rutin, sungguh imbasnya sangat memprihatinkan. sebagaimana  Dilansir Bold Sky, inilah hal yang membuat Anda harus beristirahat dengan cukup setiap hari :

1. Merusak fungsi otak
Kurang tidur membuat neuron dalam otak tidak bisa beristirahat dengan cukup. Pada akhirnya, hal ini merusak fungsi kognitif dalam otak.

2. Pengaruhi suasana hati
Kurang tidur dapat menyebabkan orang-orang cenderung mengalami perubahan suasana hati. Sering kali, mereka mudah marah tanpa alasan yang jelas. Bahkan, dalam jangka waktu panjang hal ini dapat merusak daya ingat.

3. Obesitas
Obesitas sangat rentan dipengaruhi karena kekurangan tidur. Hal itu karena penurunan tingkat hormon leptin yang menyebabkan seseorang tak mudah merasakan kenyang. Sementara, produksi hormon ghrelin yang berkontribus dalam meningkatkan nafsu makan bertambah.


4. Kurangnya kekebalan tubuh
Saaat tidur, tubuh manusia bekerja untuk memperkuat kekebalan tubuh dengan cara memproduksi lebih banyak zat antibodi. Karenanya, saat kekurangan tidur, secara otomatis imunitas dalam tubuh berkurang dan penyakit mudah menyerang tubuh.

5. Mudah stres
Kurang tidur meningkat produksi hormon kortisol yang menyebabkan stres. Karenanya, tak heran mereka yang kurang tidur cenderung mudah tertekan dan pada akhirnya menimbulkan masalah kesehatan kronis. [msn]

Tidak ada komentar: