dakwah itu wajib bagi setiap muslim

yuk dakwah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Kewajiban Setiap Umat Islam Untuk Berdakwah (Menyeru Kebaikan) dari hadist.

Dari Abdullah ibnu Amr, Bahwa Nabi Shallallahu alahi wasallam bersabda : Sampaikan dariku walaupun satu ayat dan ceritakanlah tentang kaum bani israil karena yang demikian itu tiada dosa, Barang siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja maka bersiaplah tempatnya di Neraka. (HR. Bukhari no. 3202)

“Dari Abu Hurairah ra ia berkata : Rosulullah Shallallahu alahi wasallam bersabda : “Barang siapa yang hendak mengajak kepada kebaikan maka dia akan memperoleh pahala atas perbuatan baiknya itu serta pahala orang yang mengikuti dan melaksanakan kebaikan dengan tanoa dikurangi sedikitpun. Sebaliknya bagi siapa saja yang mengajak kesesatan atau kemungkaran, maka dia mendapat dosa sebagai balasan atas perbuatannya sendiri (ditambah) dosa sebanyak dosa orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikit pun” (HR Abu Dawud, Ahmad, Nasai, Turmudzi dan Ibnu Majah)

Dari Anas ra. Dari Nabi Shallallahu alahi wasallam., berliau bersabda : “Permudahlah dan jangan bersukar, gembiralah dan jangan menakut-nakuti” (HR Bukhari-Muslim)

Artinya : Dari Abi Sa’id Al Khudry ra. Ia berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu alahi wasallam bersabda : “Siapapun di antara kamu yang melihat kemungkaran hendaklah mengubahnya dengan tangan atau kekuasaannya. Apabila tidak mampu dengan cara ini, maka hendaklah menggunakan lisannya, apabila dengan cara itu tidak mampu maka hendaklah dengan hatinya. Demikian itu (cara yang terakhir) adalah termasuk selemah-lemahnya iman” (HR Muslim)

Semoga bermanfaat, Keep on dakwah

Tidak ada komentar: