bolehkah belajar fiqh hanya pada madzhab tertentu saja?

Bagaimana menurut anda hukum belajar ilmu fiqh dari suatu madzhab tertentu? Apakah metode ini dibenarkan?

Jawab:

Belajar ilmu fikih dari salah satu madzhab, yaitu madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali untuk mengenal masalah-masalah fikih yang ada dan sisi pendalilan di dalamnya, dengan tetap berpegang pada dalil tanpa bertujuan untuk bertaklid padanya, maka ini adalah metode yang dikenal dan diterapkan para ulama. Ini juga metode belajar fikih yang direkomendasikan para ulama.

Namun jika tujuan belajar ilmu fikih dari salah satu madzhab adalah untuk bertaklid padanya, padahal punya kemampuan untuk melihat sisi pendalilan dari masalah-masalah fikih yang ada, maka ini adalah hal yang selayaknya dijauhi. Para ulama sejak dahulu hingga sekarang telah mencela hal tersebut.
bolehkah belajar fiqh hanya pada madzhab tertentu saja
albawabhnews.com
ما رأيكم بدراسة الفقه على مذهب معين؟ هل هذا منهج سليم؟ ]ـ
دراسة الفقه على أحد المذاهب الأربعة مذهب أبي حنيفة ومالك والشافعي وأحمد لأجل معرفة المسائل الفقهية ووجوه الاستدلال عليها، مع التزام الدليل إن صح، لا لأجل التقليد منهج متبع معروف لدى أهل العلم، وهو المنهج الذي ينصح به، لكن إن قصد بدراسة الفقه على مذهب معين هو التقليد مع القدرة على معرفة الأدلة ووجوه الاستدلال منها فهذا مما ينبغي تجنبه، وقد ذم أهل العلم ذلك قديماً وحديثاً.

Sumber: Liqa’at Multaqa Ahlil Hadits bil Ulama, qism Syaikh Abdul Aziz Ath Tharifi, no. 28.

Tidak ada komentar: