agar blog mencapai 1 juta kunjungan setiap hari itu mudah, ini tipsnya

assalamualaikum teman teman, apa tujuan artikel ini dibuat?, tentu saja bertujuan untuk memacu motivasi anda yang ada minat turun ke dunia blogging. kunjungan teman teman pada artikel ini harapannya tentu saja bisa menggapai kunjungan setiap harinya 1 juta kunjungan bahkan lebih layaknya situs besar, subhanallah. sungguh ini angka yang luar biasa.

tentu ada banyak tujuan teman teman ngeblog bukan?
ada yang sekedar iseng ada pula yang serius. dengan ngeblog, teman teman yang tujuannya dapat berpenghasilan tentu saja sangat besar peluangnya, apalagi dalam sehari bisa mendapatkan 1 juta visitor, tentu saja bisa membuka ruang iklan, atau menjadi publisher dll. upss yang penting halal sob.

nah, apa yang perlu dilakukan agar target 1 juta kunjungan setiap harinya bisa tercapai sehingga anda blog teman teman bisa menghasilkan. saya dedikasikan ini berdasarkan hasil survei dan pengalaman pribadi saya. oke, kita mulai saja

1. siapkan fokus pembahasan
"maksudnya begini, teman teman condongnya bahas tentang apa?, kalau saya misalnya, banyak mencakup permasalahan agama makanya fokus pembahasan seputar agama, kadang kadang melenceng dari topik, yang beginian jangan ditiru"

2. tentukan nama blog
"setelah dapat fokus pembahasan, nah disini teman tentukan judul yang sesuai fokus pembahasan dan mudah diingat, jangan salah yach. dipikirin aja"

3. buat blog
"ada banyak tuh tutorial buat blog, ane saranin pake blogger atau wordpress, kalau saya pribadi pake blogger, walaupun ada wordpress, tapi namanya udah jatuh hati jadinya pake blogger"

4. pilih template yang simple, ringan dan enak dilihat
tamplate adalah wadah menampilkan artikel teman teman, disarankan jangan terlalu banyak widget sehingga ringan ketika pembaca membuka blog teman.

5. sewa domain
" klu tak sewa domain maka hanya berstatus sub domain seperti tokoku.blogspot.com. kalau teman mau serius ngeblog, disaranin sewa domain, supaya terlihat profesional, boleh nggak tanpa sewa domain?, tentu saja boleh, itu kembali kepada teman teman.

kalau harga sewa domain bervariatif, klu saya sih milih domain .com dan kebanyakan orang pake domain .com

6. submit url ke webmaster google
dikarenakan google merupakan mesin pencarian favorit dunia, maka setiap ada artikel baru di blog teman, hendaklah di submit di url agar cepat di indeks google dan dibaca pengunjung.


7. judul artikel harus merangsang keinginan pembaca mengunjungi artikel teman
ini perkara yang amat penting, karna faktor terbesar banyak kunjungan adalah judul artikel yang amat merangsang orang membaca artikel anda atau istilah lain artikel viral namun tetap ingat, jangan terlalu berlebihan, tidak bohong dan sesuai fakta dan ilmiah.

contoh judul artikel "inilah peran umat islam dalam meraih kemerdekaan indonesia"

ingat, isi artikel hendaklah selaras dengan judul, sehingga pembaca puas membaca artikel teman.

8. istiqomah posting artikel
ini yang berat dilakukan banyak orang, dalam segala perkara, istiqomah/konsisten ngeposting artikel itu sulit. bukan masalah hobi saja tapi butuh kemauan kuat dan niatkan dari awal adalah berbagi manfaat bukan saja karna uang saja karna jika niatnya karna uang maka akan mudah putus di awal perjalanan.

jika harus copas (copy paste) saya sarankan tetap cantumkan sumber nukilnya.

9. sering kontak dengan pembaca dan jangan bosan
adanya respon dari pengurus blog, tentunya menarik simpati pengunjung untuk mau berkunjung ulang dan puncaknya memberikan komentar positif untuk perkembangan blog teman

10. sediakan waktu khusus
perlu ada waktu khusus tuk posting dan dialog dengan pembaca anda baik via email maupun sosmes tapi jangan dengan lawan jenis yach demi menjaga hati kecuali memang dianggap penting

11. buat akun media sosial
kebanyakan kita kalau online, lebih condong buka sosial media (sosmed) walaupun ngegame online tetap saja buka sosmed. nah disini peluang teman memperbanyak kunjungan dengan membuat akun sosmed

a. fanpage facebook
kenapa harus fanpage? karna dia terindeks oleh google, jumlah followernya tidak terbatas dan bisa di sincronkan dari blog ke fanpage. jadi setiap kali posting maka akan otomatis juga update di fanpage dengan syarat di koneksikan.

b. twitter
di luar negeri, terutama di arab, kebanyakan mereka pake twitter dikarenakan tak banyak tulisan dan tak banyak habiskan waktu. nah disini teman bisa punya banyak teman yang tak terbatas juga.

DLL

12. promosikan artikel teman teman di medsos
setelah diposting, tentunya teman teman berharap ada yang berkunjung dan mengambil manfaat dari tulisan teman teman, medsos merupakan peluang besar menarik minat baca orang walaupun dia tak ada tujuan awal berkunjung ke blog teman, lantaran judul menarik, hal inilah secara spontanitas menarik minat mereka berkunjung
1 juta lebih pengikutnya 

13. manfaatkan medsos menjaring pengunjung aktif.
ada banyak blog saya dapati memiliki follower blog mereka di fanpage facebook dan twitter lebih dari 1 juta, subhanallah.

bayangkan jika sehari anda bisa posting artikel dalam 24 jam minimal 10 artikel maka bisa dipastikan anda akan kebanjiran pengunjung lebih dari 1 juta bahkan lebih.

14. perhatikan font tulisan
kadang kala pengaruh tamplate atau diri sendiri, maka setiap kali sudah diposting, pastikan tulisan tidak berantakan, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, yang sedang akan, tentunya enak dilihat dan dibaca

15. tebal, miring dan diperbesar, tersendiri
tentukan kalimat mana yang cocok untuk ditebalkan, dimiringkan, diperbesar dan terlihat sendiri sebagai inti pembahasan artikel. karna hal ini merangsang mata pembaca dan bisa dapatkan titik fokus.



16. pasang link ditulisan tertentu
jika ada artikel teman teman ada terkait dengan pembahasan sebelumnya, maka disarankan masukkan link penerus didalam kalimat tersebut, ups diharapkan jangan terlalu banyak karna risih diliat.

17. pahami tool pembantu di blog anda
kegunaan setiap tool pembantu dalam blog punya pengarus sendiri baik disegi seo maupun dari segi merangsang minat pembaca sehingga mau berlama lama nongkrong di artikel bahkan di blog mu berjam jam, imbasnya dapat memberikan nilai plus kepada google sehingga blog kamu tidak dianggap spam alias tidak memberi manfaat kepada pembacanya.

tool pembantu blogging 

18. usahakan artikel dilengkapi gambar atau video

2 perkara ini sangat diminati banyak orang sehingga lagi tren youtube (tempat upload dan nonton video) dan instagram (khusus upload gambar dan video singkat) dan ada banyak lagi

 
maka rangsang minat membaca pengunjung blog teman teman dengan dilengkapi gambar yang sesuai topik pembahasan blog yach.

19. kata kunci artikel diperbanyak
memang agak kesulitan tapi jika teman teman mengetahui kata kunci alias keyword dari artikel yang dibuat maka usahakan ada kata kunci artikle di awal, pertengan dan akhir pembahasan artikel.

 
20. tulisan dibumbui warna
butuh variasi dengan memberi warna pada kalimat tertentu, tak harus tebal hitam, coba sekali kali diberi warna cerah, hal ini membantu pembaca melihat tulisan sehingga tidak mudah bosan dan terpetakan tema, dan maksud pembahasan artikel.

21. buat target perhari, bulanan dan tahunan
nah dikarenakan target pada artikel ini 1 juta kunjungan, maka berapa artikel yang harus diposting, misal nih dalam 5 tahun ini harus tercapai target 1 juta artikel, maka harus diupayakan dengan cara apapun, asal aman dan halal.

22. tak mampu sendiri, buat tim
coba ukur ukur diri, jika tak mampu kerjakan sendirian maka usahakan rangkul teman satu 1 visi dalam memajukan blog sehingga tetap terus eksis dan update

23. koreksi diri dan blog
perlu adanya koreksi pada diri sendiri, seperti kenapa malas, kok tak fokus dll
perlu koreksi blog, kok lelet yach, kok tak terbaca, kok ndak enak pembahasannya, dll.

solusinya istiqfar, refreshing alam, bertanya kepada teman yang tepat dll.

 
24. luruskan niat dan banyaklah berdoa
niat itu penting karna ia banyak memberi pengaruh dan berdoalah agar allah ta'ala mudahkan jalan teman teman yang pengen sukses ngeblog.

"bagi teman teman yang masih pemula, jangan patah arang, ayo berjuang, jangan pikirkan enaknya tapi cobalah memulai dan tak mudah menyerah. jadikan ini motivasi dan pemicu semangat agar bisa mencapai target bahkan lebih dari itu" jika ada yang perlu ditambah, koment saja agar saya update agar menjadi lengkap tips ini sehingga membantu anda sebagai blogger pemula yang jauh lebih baik dari saya bahkan yang sudah duluan sukses. amin

demikian, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: