inilah amalan mulia yang seyogyanya dijaga pada awal bulan dzulhijjah

keutaman 10 awal bulan dzulhijjah
Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah Rabb semesta alam. Semoga shalawat tercurah pada nabi dan rasul termulia.

Sehubungan dng masuknya 10 hari pertama dzul hijjah yg merupakan hari2 terbaik dlm setahun, maka aku ingatkan diriku dan anda semua akan pentingnya menghidupkan 10 hari ini dengan mengharap pahala yg dijanjikan Allah bagi siapa yg berbuat kebaikan di hari2 tersebut.

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma meriwayatkan dri nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: tidak ada hari yg di dlmnya amal shalih lebih dicintai Allah daripada hari2 ni -10 hari pertama- mereka bertanya: wahai rasulullah, bahkan jihad tidak lebih baik drinya? Nabi menjawab: ya... kecuali orang yg pergi jihad dengan nyawa dan hartanya lalu tdk ada satupun yg kembali pulang. Diriwayatkan Bukhari dlm kitab shahihnya.

Banyak amal2 mulia dan ketaatan berlimpah yg seyogiyanya dijaga pada 10 hari pertama dzul hijjah diantaranya:

1- haji dan umroh

2- puasa 9 hari pertama dzulhijjah ataupu beberapa hari diantaranya, bila tidak mampu maka hendaknya jangan terlewatkan olehnya puasa hari arafah.

3- bertakbir dan mengucapkan dzikir2 seperti bertahlil, bertasbih, istighfar dan berdoa sebagaimana sabda nabi shallallahu 'alaihi wasallam ( perbanyaklah di dlmnya tahlil, takbir dan tasbih).

4- berqurban bagi yg diberi kelebihan harta dari kebutuhannya dan kebutuhan keluarganya.

5- memperbanyak amal shalih seperti: membaca alqur'an, bila di 10 hari tu mampu khatam 1 kali maka itu lebih baik.

Bersedekah, shalat2 sunnah, berbakti pd orangtua, silaturrahmi, berbuat baik pd janda, anak yatim, amar ma'ruf nahi mungkar dan amal2 shalih lainnya.

Hendaklah kita memanfaatkan moment2 baik seperti ni, karna moment2 tersebut sangat cepat berlalu. Semoga Allah memberikan taufiqNya pd kita tuk melakukan apa yg Dia cintai dan ridhai. Alhamdulillahi Rabbil alamin.

By: Syekh Sulthan bin Fahd ath-Thubaisyi.

Tidak ada komentar: