IBX5A47BA52847EF Menikah Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Menikah Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Apakah pernikahan bisa menjadi penghalang seseorang untuk menuntut ilmu? Karena kebanyakan pemuda dan pemudi menjadikannya sebagai alasan (menunda pernikahan). Apa pendapat Anda tentang seseorang mahasiswa yang menikah sementara dia masih belajar di Universitas?
Menikah Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Jawab:

Pernikahan bukanlah penghalang bagi seseorang untuk menuntut ilmu jika dia memiliki sesuatu untuk memberi nafkah. Taruhlah saja seandainya dia tidak memiliki nafkah, dan dia khawatir jika menikah tidak bisa mencari nafkah sambil kuliah, ketika itulah bisa jadi pernikahan adalah penghalang baginya untuk kuliah. 

Meskipun demikian, kami pribadi tidak menganjurkan para pemuda menunda pernikahan walaupun dalam kondisi diatas. Bahkan kami tegaskan, Menikahlah! Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan mencukupimu dan keluargamu.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

إن ثلاثة حق على الله عونهم 
“Tiga golongan yang berhak mendapatkan pertolongan dari Allah.”

Disebutkan salah satu diantara mereka adalah

المتزوج يريد العفاف 
“Seorang yang menikah demi menjaga kehormatannya.”

Bersegeralah menikah wahai saudaraku meskipun engkau seorang mahasiswa. Bisa jadi pernikahanmu menjadi sebab terbukanya pintu rezeki untukmu sebagaimana yang kita saksikan di sebagian orang. (Silsilah Al Liqa Asy Syahri, 8/12)

Marja': Tathbiiq Fatawa Ibn Utsaimin Lianduruwid
(Nailul Authar)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->