bab tarbiyah: Ajaklah anakmu ke mesjid.

Anak anak terbagi 2

1.Anak tamyiz
Usia diman anak sudah bisa membedakan baik dan buruk, bisa membedakan yg bermanfaat dan membahayakan dirinya. dia memahami sholat, tau sholay tdk boleh kentut.tidak boleh lari2 tidak boleh tolah toleh. Tau najis tidak boleh di sentuh.tau auray harus ditutup dst.. indikator usianya biasanya 7 tahun.

Sholatnya anak yg tamyiz statusnya sah.meskipun dia belum baligh karena batas awal ke absahan ibadah adalah usia tamyiz. Nabi memerintahkan para  sahabat membawa anak2 yg sdh 7 tahun ke masjid.
bab tarbiyah: Ajaklah anakmu ke mesjid.

Dari abdullah ibnu amr ibn ash radiyallahuanhuma nabi salallahu 'alaihi wasallam bersabda : perintahkan anak kalian untuk sholat ketika mereka berusia 7 tahun san paksa mereka  untuk sholat ketika umur 10 tahun (hr. Abu dawud 495 dishahihkan oleh shaikh al albani).

Dalil lain
Amr bin salamah menjadi imam ketika usianya sekitar 7 tahun. Dan direstui oleh nabi salallahu 'alaihi wasallam. (Hr.bukhari 4302 dan abu daud 585)

2. Baligh.
Usia anak dimana sudah mendapat beban syariat
Ciri2 sudah anak anak sudha baligh : laki2 sudah mimpi basah keluar mani.
Sedang Wanita, mrk sudah datang bulan.

Posisi anak kecil dalam sholat.

Anak2 yg sudah tamyiz boleh mengisi shaf org dewasa. Karna sholat mereka sah.

Sedangkan Posisi anak yg belum tamyiz dalam shaf sholat

Anak yg belum tamyiz blm bisa memahami sholat. Terkadang dia tolah toleh. Dia ngentut diam saja. Dan banyak gerak. Sehingga sholatnya batal. Untuk itu anak yg belum tamyiz tidak boleh diposisikan disela2 shaf. Karna dia akan memutus shaf.

Untuk itu dia lebih baik disamping orgtuanya dan tidak ditaruh dibelakang karna biasanya anak akan bermain main dgn komplotannya dan itu semakin mengganggu sholat. Anak yg belum tamyiz bisa diposisikan di ujung shaf, didampingi orangtuanya. Dia tidak akan memutus shaf Karena berada di ujung tetap terjaga dgn aman dan bisa mengikuti sholat bersama org tuanya

Imam asy syaukani mengatakan ;
Anak kecil yg belum tamyiz menutup celah ujung shaf (nailul author 3/95).

Wallahu 'alam.                         

Tidak ada komentar: