fatwa: HUKUM MENGUBUR JENAZAH DENGAN PETI

SOAL: Assalamualaikum. Bagaimanakah hukum menguburkan jenazah menggunakan peti karna Sebagian muslimin disana masih menganggap baik menguburkan jenazah menggunakan peti. Bagaimanakah hukum mengubur mayit menggunakan peti. Jazakallahukhairan.

JAWAB: wa’alaikumussalam warahmatullah. Mengenai tentang mengubur ini, maka majlis al-majma’ al-fiqh memutuskan:
HUKUM MENGUBUR JENAZAH DENGAN PETI

Semua amalan dan perilaku yan datang dari seorang muslim dengan maksud tasyabbuh dan taqlid selain muslimin, maka itu terlarang secara syari’at dan dilarang dengan dasar hadits-hadits rasululllah shallahu’alaihiwasallam. Mengubur pada peti, apabila dimaksud untk tasyabbuh pada selain kaum muslimin maka hukumnya HARAM. Maka jika tidak bermaksud tasyabbuh maka hukumnya MAKRUH(terlarang) selama tidak ada hajat untuk berbuat demikian. Bila ada hajat, maka diperbolehkan.

Semoga shalawat dan salam yang banyak kepada nabi muhamad dan keluarganya, dan alhamdulillahirabbil’alamin.

Yang menandatangani: ketua : abdulaziz bin abdillah bin baz; wakil ketua: Dr. Abdullah bin umar nashif; anggota:shalih bin fauzan bin abdillah al-fauzan; shalih bin utsaimin; Dr.Thalal umar bafaqih; dll (penetapan keputusan majlis al-majma’ al-fiqh al-islami).

Sumber: Qairat al-Majma’ al-Fiqhi al-islami li Rabithah al-A’lam alislami min daurat al-Ula 1398 ila Daurat ats-Tsaminah 1405 H, halaman 146-149.

ditulis dan diterjemahkan oleh: ALMADI REZA mahasiswa semester 3 PBA STAI Assunnah tanjung morawa sumut

Tidak ada komentar: