inilah Biografi singkat tentang syaikh muhammad bin shalih utsaimin rahimahullah

Beliau adalah abu abdullah muhammad bin shalih bin muhammad bin utsaimin al-wuhaibi at-tamimi. Lahir di kota unaizah 27 ramadhan 1347 H. Syaikh mengujikan bacaan al-qurannya kepada kakek beliau dari garis keturunan ibu, abdurrahmahn bin sulaiman ali damigh. Kemudian beliau konsentrasi menuntu ilmu.
inilah Biografi singkat tentang syaikh muhammad bin shalih utsaimin

Guru pertama beliau yang juga sangat beliau kagumi adalah al-allamah abdurrahman bin nashir as-sa’di. Syaikh utsaimin pernah berkata tentang guru beliau syaikh as-sa’di,

“sesungguhnya saya sangat menggagumi beliau dalam hal metode pengajaran, gaya pemaparan, penggunaan pendekatan dengan contoh, serta penjelasan makna agar mudah dipahami murid. Selain itu, saya sangat terkesan terhadap akhlak beliau. Sebab syaikh abdurrahman menyandang akhlak yang mulia. Beliau memiliki ilmu yang luas dan rajin beribadah. Beliau sangat senang mencandai anak kecil dan membuat orang dewasa tertawa. Beliau ialah orang paling berbudi pekerti yang pernah aku lihat.”

Syaikh utsaimin juga menuntut ilmu kepada syaikh abdul aziz bin baz yang dianggap sebagai guru kedua beliau. Dari syaikh bin baz. Pertama-tama beliau mempelajari kitab shahihul bukhari, sebagian risalah syaikhul islam ibnu taimiyyah dan beberapa kitab fiqih. Saya terpengaruh oleh syaikh abdul aziz bin baz dalam hal memperhatikan hadits. Aku juga mengagumi beliau dalam hal akhlak dan keramahan kepada orang lain.

Tahun 1371 H, syaikh utsaimin mulai mengajar di masjid Jami’. Dan ketika lembaga pendidikan di bukan di Riyadh, beliau bergabung dengan lembaga ini tahun 1372 H. Beliau pindah menjadi dosen di fakultas syariah dan ushuluddin di cabang universitas islam imam muhammad bin su’ud. Di al-qashim.

Syaikh memiliki banyak karya tulis yang jumlahnya mencapai 40 judul yang terdiri dari kitab dan risalah. Di antaranya adalah:

Fathu rabbil bariyyah bi talkhishil hamawiyah
Majalis syahri ramadhan
Al-manhaj li muridil ‘umratil wal hajj, tashilul fara’idh, syarhu lum’atil i’tiqad
Syarhul ‘aqidah wasithiyyah
Ushulut tafsir
Syarhu riyadhis sholihin
As-syarhul mumti
Al-qaullul mufid syarhu kitabit tauhid
Syarhu tsalatsatil ushul
Syarhu nuzhatin nazhar
Syarhu manzhumati ushulil fiqh
Syarhul manzhumatil baiquniyah
Al-ibda wa khatharul ibtida
Hukmu tarikis shalah.

Beliau wafat pada rabu 15 syawal 1421 H. Jam 6 sore, di rumah sakit VIP malik faishal, jeddah, karena penyakit kanker kolon yang telah lama menggerogoti beliau.


Rewrite by: atri yuanda al-pariamany

Sumber: enskilopedi halal haram dalam islam syaikh utsaimin hal. 22-23 cet.1 penerbit. Zam zam mata air ilmu

Tidak ada komentar: