Ustadz Abu Ubaidah: Doa Awal dan Akhir Tahun adakah diajarkan nabi?

Detik-detik pergantian tahun adalah saat-saat yang sangat bersejarah dalam lembaran umat manusia, sehingga menjadikan sebagian orang membuat ritual-ritual dan amalan yang keabsahan dalilnya dipertanyakan.

Diantaranya adalah membuat2 doa khusus untuk akhir tahun dan awal tahun, yg biasanya semarak di medsos menjelang akhir tahun, padahal doa ini tidak ada asal usulnya dalam syariat yg mulia.

Syeikh Muhammad Jamaluddin Al-Qosimi berkata: "Orang2 awam di berbagai masjid biasa mengikuti para imam sholatnya dlm membaca doa awal tahun dan akhir tahun selama dua malam.
Ustadz Abu Ubaidah: Doa Awal dan Akhir Tahun adakah diajarkan nabi?

Padahal doa ini adalah doa yg diada2kan manusia, tidak dinukil dari Nabi dan seorangpun dari kalangan sahabat maupun tabi'in. Tidak juga diriwayatkan dlm kitab2 musnad maupun kitab2 maudhu' (palsu). Doa ini hanyalah dibuat2 oleh orang2 yg sok pintar dan berlagak Zuhud". (Ishlahul Masjid hlm. 129)

Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid juga berkata:

“Tidak ada dalam syari’at ini sedikit pun do’a atau dzikir untuk awal tahun.

Manusia zaman sekarang banyak membuat bid’ah berupa do’a, dzikir, demikian pula puasa awal tahun baru, menghidupkan malam pertama bulan Muharram dengan shalat, dzikir atau do’a, puasa akhir tahun, dan sebagainya yang semua ini tidak ada dalilnya sama sekali!!”. (Tashihu Dua hlm.107)

Maka waspadalah anda wahai saudaraku, dari doa2 yg dibuat2 oleh manusia. Hendaknya dirimu mencukupkan dg dalil2 Al Quran dan Sunnah.

KEBENARAN DIKETAHUI DENGAN WAHYU

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan - حفظه الله - berkata : Kebenaran tidaklah diketahui dengan akal, tidak dengan adat-istiadat, tidak dengan taklid dan tidak pula dengan pikiran-pikiran, Sesungguhnya kebenaran itu diketahui dengan Wahyu (al-Qur'an dan as-Sunnah)".

Syarh hadits Inna Kunna fi Jahiliyah wa Syar, hal : 15

Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi حفظه الله تعالى
CHANNEL LENTERA DAKWAH dan channel MULIA DIATAS MANHAJ SALAF

Tidak ada komentar: