IBX5A47BA52847EF Imam Ahmad bin Hambal: Jangan melirik sedikitpun dunia filsafat

Imam Ahmad bin Hambal: Jangan melirik sedikitpun dunia filsafat

PESAN IMAM AHMAD BIN HANBAL UNTUK BERPEGANG TEGUH DENGAN SUNNAH DAN TIDAK MELIRIK SEDIKITPUN DUNIA FILSAFAT.

Berkata Abu Abdulloh Ahmad bin Hanbal tatkala dikatakan kepadanya mengenai ahli bid'ah, "aku tidak menyukai ada seorangngpun yang bergaul, bercengkerama, dan berbaik-baik dengan mereka. 

Setiap orang yang menyukai filsafat tidakalah berakhir perkaranya kecuali kepada perbuatan bid'ah, karena filsafat tidaklah menyeru dia kepada kebaikan. Maka aku tidak menyukai filsafat, meperbincangkan dan meperdebatkan. Haruslah bagi kalian berada diatas sunnah dan memahaminya, yang kamu mengambil manfaat hanya darinya. 
dunia filsafat

Tinggalkanlah perdebatan dan perkataan orang-orang yang suka berpaling dan banyak berbantah. Kita telah mendapati manusia yang tidak mengetahui masalah ini, dan mereka kontra terhadap para pegiat filsafat. Siapa saja yang mencintai orang -orang filsafat tidaklah akibat yang dia dapat berupa keberuntungan. Filsafat tidaklah mengantarkan kepada kebaikan. Semoga Alloh melindungi kami dan anda dari berbagai fitnah dan menyelamatkan kami dan anda dengan rahmatNya dari setiap kebinasaan .

Mukhtashor mahjah 'ala taarikil mahjah jilid 1 hal. 228. Berkata Muhammad Ibrohim Harun: isnadnya shohih. Dan Assafarini menyebutkannya dalam kitabnya"lawaami'ul anwar albaiyah jilid 1 hal. 109.
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki