IBX5A47BA52847EF Jika seorang tokoh agama tersalah

Jika seorang tokoh agama tersalah

Seorang tokoh agama adalah panutan orang banyak, entah ia berjulukan Kiyai, Ustadz, Buya dan sebutan lainnya yang bermakna mereka adalah insan yang menguasai ilmu agama dan pantas menjadi panutan serta rujukan orang banyak.

Setiap tokoh agama selalu mengajak kepada akhlak mulia, mengajar hikmah dalam menghadapi perbedaan, menekankan sifat pemaaf dan objektive pada pihak yang bersalah atau berbeda pemahaman dengan kita.
salah dan benar

Namun, kenyataan berkata lain. Tidak jarang para tokoh agama itu menyerang tokoh lain dengan ucapan yang lebih tajam dari pedang yamani, kata-katanya lepas begitu saja tanpa adanya timbangan rasa dan periksa.

Lupakah ia bahwa kullu bani adam khattaun, setiap orang pasti salah dan sebaik yang bersalah adalah yang bertobat. kesalahannya itu benarkah salah mutlak atau itu merupakan perbedaan pendapat yang memang sudah diperselisihkan ulama besar sebelumnya?

Mengapa tergesa-gesa menebaskan pedang vonis keleher tokoh yang masih diduga salah ini?

Lupakah ia bahwa sabqul lisan dimaafkan, tidak mungkin semua yang terucap oleh seseorang selalu benar! Harusnya setiap kita sadar bahwa tak ada yang sempurna dimuka bumi ini, hingga muncul prinsip memberikan beribu uzur untuk mereka sebelum memutuskan ia salah.

Anehnya banyak tokoh ulama dan penuntut ilmu yang mencari-cari kesalahan tokoh yang tak sepaham dengannya, mengkaji buku dan mendengarkan video mereka dengan sangat teliti hanya untuk mencongkel dan mengorek kesalahan tokoh tersebut, padahal terkadang salah itu hanya kesalahan kecil namun dibesar-besarkan kemudian disebarkan ke masyarakat dengan berbagai wasilah yang ada. Para followernyapun kemudian menelan celaan itu mentah-mentah.

Bagi kita yang berhati dan fikiran jernih janganlah terbawa dengan arus fitnah cela mencela ini, dan selayaknya kita membela setiap saudara kita yang terzalimi semampu kita, tentunya dengan hikmah. Jangan balas api dengan api, tapi sambutlah ia dengan air yang layyin dan latif.

(Rail / Alam takambang jadi guru : ...)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->