IBX5A47BA52847EF Whatss App dan Ikon Mendukung LGBT

Whatss App dan Ikon Mendukung LGBT

Pertanyaan : Ustadz, bagaimana cara kita menyikapi ikon-ikon di WhatsApp yang menunjukkan dukungan kepada LGBT?

Syukron

Dari Ibu Iin di Semarang Anggota Grup T04-58

Jawaban:

بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، بعد
Terkait WhatsApp, secara umum WhatsApp dan yang sejenisnya merupakan sarana/aplikasi yang memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai tempat. Inilah fungsi dasar di WhatsApp.
Whatss App dan Ikon Mendukung LGBT

Adapun bila dari ikon-ikonnya ada yang menyimpulkan bahwa WhatsApp mendukung LGBT, maka ini bisa bersifat subyektif dan tidak serta merta menjadikan penggunaan kita terhadap aplikasi ini berarti dukungan. Salah satu yang bisa kita jadikan acuan dalam hal ini ialah karena Islam sendiri tidak melarang kita menggunakan produk orang kafir atau musuh islam, selama produk tersebut tidak terlarang untuk digunakan secara syar’i.

Seperti produk yang terbuat dari barang halal dan manfaatnya bersifat mubah. Bahkan kain kafan Rasulullah shalallohu ‘alayhi wa salam adalah buatan Yaman yang kala itu mayoritas warganya adalah Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani).

Nabi shalallohu ‘alayhi wa salam juga bermuamalah dengan orang-orang Yahudi selama tinggal di Madinah, padahal mereka terkenal sebagai pemungut riba dan orang yang memakan harta orang lain secara batil ( An Nisa’ 160-161).

Bahkan Beliau shallallaahu ‘alaihi sallam wafat dalam keadaan menggadaikan baju besinya kepada salah seorang saudagar Yahudi demi membeli 30 sha’ gandum (HR. Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dll dengan derajat shahih lighairih). Padahal mereka terkenal sebagai orang yang paling memusuhi kaum muslimin (Al Maidah: 82).

Jadi, selama pemakaian kita terhadap produk orang kafir tersebut dengan cara yang mubah dan untuk tujuan-tujuan yg mubah, maka tidak mengapa, walaupun orang tersebut memusuhi Islam.
Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->