Apa benar Kitab al-Ibaanah karya al-Imam Abul Hasan al-Asy'ary?

Simak uraian berikut:

Imam Ibn Katsir dan Imam adz-Dzahabi rahimahumallah menjelaskan bahwa al-Imam abul Hasan al-Asy'ary memiliki 3 fase pemikiran:

Pertama: beliau berpahaman mu'tazilah dan menafikan semua sifat-sifat Allah

Kedua: beliau bergeser dari mu'tazilah Menuju fase Transisi, sebagian keyakinan beliau sesuai dengan akidah salaf, dan sebagian yang lain masih menyelisihi aqidah salaf, beliau menetapkan 7 sifat aqliyah: hidup, ilmu, kekuasaan, keinginan, pendengaran, penglihatan dan kalam, akan tetapi di sisi lain beliau masih metakwil sifat khobariyah, seperti: wajah, tangan, telapak kaki, betis dan selainnya.

Ketiga; beliau rujuk kembali ke madzhab salaf, menetapkan semua sifat Allah tanpa membagaimanakannya dan tanpa menyerupakannya, hal ini selaras dengan pemahaman para salaf, dan ini adalah metode yang beliau tempuh dalam kitabnya Al-IBANAH, kitab terakhir beliau.

3 fase pemikiran di atas bisa dilacak dalam kalimat Imam Ibn Katsir berikut ini

‎(ذكروا للشيخ أبي الحسن الأشعري ثلاثة أحوال:
‎أولها حال الانعزال التي رجع عنها لا محالة.
‎والحال الثاني إثبات الصفات العقلية السبعة، وهي الحياة، والعلم، والقدرة، والإرادة، والسمع، والبصر، والكلام. وتأويل الخبرية كالوجه واليدين والقدم والساق ونحو ذلك .
‎والحال الثالث إثبات ذلك كله من غير تكييف ولا تشبيه جرياً على منوال السلف وهي طريقته في الإبانة التي صنفها آخراً.))

Al-Imam Ibn Katsir, Thabaqat asy-Syafi'iyyin (al-Manshurah: Dar al-Wafa', 2004), hal. 210

Kitab al-Ibaanah karya al-Imam Abul Hasan al-Asy'ary

Dan juga ucapan Imam adz-Dzahabi berikut:

‎فله ثلاثة أحوال :حال كان معتزلياوحال كان سنيا في بعض دون البعض وحال كان في غالب الأصول سنيا وهو الذي علمناه من حاله))
Imam adz-Dzahabi, Kitab al-Arsy (Madinah: imadah Bahst ilmy, 2003), hal. 400
Imam al-Alusy juga berkata:

‎منهم الامام ابو الحسن الأشعري فأن آخر أمره الرجوع إلى ذلك المذهب الجليل بل الرجوع إلى ما عليه السلف في جميع المعتقدات قال في كتابه (الإبانة) الذي هو آخر مؤلفاته : ‎(( الذي نقول به وديانتنا التي ندين بها التمسك بكتاب الله تعالى وسنّة نبيّه صلى الله عليه وسلم وما روي عن الصحابة والتابعين وأئمة الحديث ونحن بذلك معتصمون وبما كان عليه أحمد إبن حنبل نضر الله تعالى وجهه ))
Dan di antara mereka adalah al-Imam Abul Hasan al-Asy'ary, sesungguhnya beliau di akhir umurnya, telah rujuk menuju madzhab yang agung bahkan beliau kembali kepada madzhab para salaf dalam seluruh perkara aqidah, beliau berkata dalam kitab AL-IBAANAH yang merupakan akhir karya beliau:

" Pendapat yang kami pegang dan agama yang dengannya kami beragama adalah berpegang teguh dengan kitabullah ta'ala dan sunnah nabi shallahu alaihi wasallam, serta apa saja yang diriwayatkan dari para shahabat, tabi'in dan imam-imam ahl Hadits, kami berpegang teguh dengan yang demikian itu dan dengan apa yang dipegang oleh imam Ahmad bin Hanbal semoga Allah menjadikan indah wajah beliau.. (Imam al-Aluusy, Gharaib al-Ightirab, hal: 189).

Kesimpulan

1.Al-Imam Abul Hasan al-Asy'ary telah rujuk kepada pemahaman salaf dalam seluruh perkara aqidah, sebagaiman telah disebutkan oleh imam Ibnu katsir, adz-dzahabi, Al-Aluusy dll.

2. Penjelasan rujuknya beliau ke madzhab salaf beliau tuangkan dalam kitab al-Ibaanah sebagaimana yang dijelaskan ibnu Katsir, al-Aluusy dll. Ini juga sekaligus bantahan bagi orang yang mengingkari bahwa Al-IBANAH adalah karya al-Imam Abul Hasan al-Asy'ary.

3. Al-IBAANAH adalah karya terakhir al-Imam Abul Hasan al-Asy'ary rahimahullah

Wallahu a'lam

(Ustadz Fadlan Fahamsyah, dosen STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya)

Tidak ada komentar: