Jalan Menuju Surga

🎙 عَنْ جَابِرٍ أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ أَرَأَيْتَ إِذَا صَلَّيْتُ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ وَصُمْتُ رَمَضَانَ وَأَحْلَلْتُ الْحَلاَلَ وَحَرَّمْتُ الْحَرَامَ وَلَمْ أَزِدْ عَلَى ذَلِكَ شَيْئًا أَأَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَالَ « نَعَمْ »
📜 Dari Jabir, bahwa seorang bertanya kepada Rasulullah, “bagaimana menurutmu, jika aku menunaikan shalat Fardhu, berpuasa Ramadhan, menghalalkan yang halal, mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambah sedikitpun atas hal itu; apakah aku akan masuk Surga ? “Beliau menjawab, ‘ Ya”. (HR. Muslim)

Jalan Menuju Surga

♻ Faedah Hadits :

👉 Semangat para sahabat untuk bertanya.

👉 Penjelasan tentang cita-cita para sahabat, bahwa cita-cita terakhir mereka ialah masuk ke Surga, bukan banyak harta, anak atau kehormatan dunia.

👉 Apabila seseorang hanya mengerjakan shalat yang wajib saja (dalam hidupnya) ia tidak tercela, dan tidak diharamkan untuk masuk Surga.

👉 Shalat, demikian juga puasa, merupakan penyebab masuknya seorang hamba ke dalam Surga.

👉 Manusia tidak boleh dilarang melakukan perkara yang dihalalkan.

👉 Wajibnya menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram. Yakni, manusia mengerjakan yang halal karena menyakini kehalalannya, dan menjauhi yang haram kerena meyakini keharamannya.

👉 Yang haram adalah apa yang diharamkan Allah ta’ala dalam kitab-Nya atau dalam hadis Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam-.

✒ (Muhammad bin Shaleh al-Utsaimin, Syarah al-Arba’in an-Nawawiyah, (e.i, 327-328) 📚
--------🌴🌴🌴--------

📻 Al-Sofwa Channel www.alsofwa.com
🛍 WhatsApp@DakwahAlSofwa  +62 81 3336333 82
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: