MENIMBA ILMU TETAPI HATI MENGERING, APA YANG SALAH ?

Bila anda selalu mendatangi majlis ilmu namun merasa hati semakin mengering, maka pastikan bahwa ada yang salah dengan niat anda.

Teruslah datangi taman-taman surga itu dan tetaplah berupaya meluruskan niat, jika tidak niscaya ilmu kan jadi bala bencana bagi anda.

قال الذهبي رحمه الله: (فمن طلب العلم للعمل كسره العلم، وبكى على نفسه ، ومن طلب العلم للمدارس والإفتاء والفخر والخيلاء ، تحامق ، واختال ، وازدرى بالناس وأهلكه العجب ومقتته الأنفس ......) السير (18/190)

HATI MENGERING

Berkata Imam Zahabi-rahimahullah:

"Barang siapa menimba Ilmu tujuannya agar dapat diamalkan, niscaya Ilmu akan membuatnya merasa lemah (tidak ada apa-apanya)dan menggiringnya untuk selalu introspeksi menangisi dirinya...

Barang siapa menimba ilmu tujuannya untuk mengajar dan berfatwa, berbangga-bangga dan sombong, ia akan menjadi bodoh, takabbur, meremehkan manusia, iapun akan binasa dengan ujub akhirnya akan dibenci manusia."

Batam, 24 Al-Muharram 1439 H / 14 Oktober 2017

✏Oleh Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, MA
____
sumber: salamdakwah.com
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: