MENIMBA ILMU TETAPI HATI MENGERING, APA YANG SALAH ?

Bila anda selalu mendatangi majlis ilmu namun merasa hati semakin mengering, maka pastikan bahwa ada yang salah dengan niat anda.

Teruslah datangi taman-taman surga itu dan tetaplah berupaya meluruskan niat, jika tidak niscaya ilmu kan jadi bala bencana bagi anda.

قال الذهبي رحمه الله: (فمن طلب العلم للعمل كسره العلم، وبكى على نفسه ، ومن طلب العلم للمدارس والإفتاء والفخر والخيلاء ، تحامق ، واختال ، وازدرى بالناس وأهلكه العجب ومقتته الأنفس ......) السير (18/190)

HATI MENGERING

Berkata Imam Zahabi-rahimahullah:

"Barang siapa menimba Ilmu tujuannya agar dapat diamalkan, niscaya Ilmu akan membuatnya merasa lemah (tidak ada apa-apanya)dan menggiringnya untuk selalu introspeksi menangisi dirinya...

Barang siapa menimba ilmu tujuannya untuk mengajar dan berfatwa, berbangga-bangga dan sombong, ia akan menjadi bodoh, takabbur, meremehkan manusia, iapun akan binasa dengan ujub akhirnya akan dibenci manusia."

Batam, 24 Al-Muharram 1439 H / 14 Oktober 2017

✏Oleh Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, MA
____
sumber: salamdakwah.com
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: