Istri Nabi Suri Tauladan terbaik bagi para Muslimah

🌹Sebaik-baik cermin bagi para muslimah adalah para istri Nabi ﷺ, karena mereka adalah para wanita shalihah dan telah dijamin oleh Allah kesucian diri mereka.

✔Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman memerintahkan para Istri Nabi ﷺ:

{وَاذْكُرْنَ مَا يُتْلَىٰ فِي بُيُوتِكُنَّ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ وَالْحِكْمَةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ لَطِيفًا خَبِيرًا}
Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumah kalian (istri-istri Nabi) dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui. (QS.Al-Ahzab:34).

Istri Nabi Suri Tauladan terbaik bagi para Muslimah

✅Berkata Al-Mufassir Al-Wahidi rahimahullah:

Ayat ini adalah himbauan kepada mereka (istri-istri Nabi) agar menghafal (mempelajari) Al-Qur'an dan Akhbar (Sunnah) dan mengkaji keduanya, agar mereka mengetahui batasan-batasan syariat. Arah pembicaraan dalam ayat sekalipun khusus mereka, tetapi mencakup selain mereka juga. Karena pondasi syariat adalah keduanya: Al-Qur'an dan As-Sunnah, dan dengan keduanya-lah ditetapkan batasan-batasan Allah dan kewajiban-kewajibanNya. (At-Tafsir Al-Wasith:3/470).

✅Berkata Al-Hãfidz Ibnu Katsîr rahimahullah tentang ayat di atas:

ﺃﻱ ﻭاﻋﻤﻠﻦ ﺑﻤﺎ ﻳﻨﺰﻝ اﻟﻠﻪ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ ﺑﻴﻮﺗﻜﻦ ﻣﻦ اﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭاﻟﺴﻨﺔ،
Maksudnya: beramal-lah dengan apa yang Allah Tabãraka wa Ta'ãlã turunkan kepada RasulNya di rumah-rumah kalian berupa Al-Qur'an dan As-Sunnah. (Tafsir Ibnu Katsir:6/370).

🍂Sebaik-baik muslimah adalah yang bersegera menerima perintah Allah dan RasulNya. Maka teladanilah ibu-ibu kalian yaitu para istri Nabi yang telah menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pedoman mereka sehingga mereka mendapatkan keutamaan di dunia dan akhirat. Jangan jadikan dirimu terhina karena tertipu dengan kehidupan dunia yang sebentar lagi engkau akan tinggalkan.

وبالله التوفيق.
15 Shafar 1439, Muhammad Abu Muhammad Pattawe, Darul-Hadits Ma'bar-Yaman.

🌐 TG Channel : @DakwahAkhawat

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan Allâh membalas anda dengan kebaikan karena telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Tidak ada komentar: