IBX5A47BA52847EF keutamaan mempelajari kitab Shahih Bukhari

keutamaan mempelajari kitab Shahih Bukhari

Diantara keutamaan mempelajari kitab Shahih Bukhari ialah seolah olah kita telah mempelajari Islam secara keseluruhannya mulai dari aqidah, ibadah, hukum hukum, siyasah, siyar, tafsir al qur'an, adab adab dalam kehidupan keseharian kita, muammalah, sumpah dan nadzar dan lain lain dari hampir keseluruhan ajaran Islam. 

Dan memang hal ini sebagaimana sesuai nama kitab tersebut, yaitu al Jaami'ush Shahih, yang merupakan sebuah kitab yang mengumpulkan hampir seluruh bab bab syari'at yang ada dalam agama kita yamg mulia ini al Islam. Kitab yang diawali dengan pembahasan aqidah dan diakhiri juga dengan pembahasan aqidah.
keutamaan mempelajari kitab Shahih Bukhari

Mempelajarinya seoalah kita sedang memgarungi perjalanan panjang dalam mengenal dan mengetahui tentang ajaran ajaran Islam dari satu bab didalam Islam kepada bab bab yang lain yang ada didalam Islam, yang penulisnya yakni al Imam Bukhari himpun kedalam beberapa kitab. 

Sungguh benarlah apa yang dikatakan oleh para ulama bahwa al Imam Rahmatullahi 'alaihi merupakan seorang mujtahid mutlak dengan ijtihad ijtihadnya dan istimbath istimbath nya yang sebagiannya bahkan banyak sekali sangat halus seperti mata pisau yang sangat tipisnya namun sangat tajamnya. 

Beliau berikan judul pada bab bab yang beliau bawakan yang merupakan fiqih beliau dan pendapat beliau dalam bab yang beliau bawakan. 

Tidak sedikit dari judul judul bab yang beliau bawakan sampai menguras keringat dan energi para ulama setelah beliau untuk dapat memahami apa yang beliau maksudkan dan kearah mana beliau bawa faham beliau tersebut. Sehingga dikatakan bahwa kitab Shahih Bukhari ini ditulis oleh al Imam untuk memberikan PR (Pekerjaan Rumah) untuk ahli ilmu dan para pelajar untuk mampu mendirasahkannya. 

Dan sangat sering kita dibuat ta'jub atas kecerdikan dan kecerdasan al Imam dalam bab bab yang beliau berfiqih dengan nya. Adapun dari sisi kekuatan sanad dari riwayat riwayat yang masuk kedalam al ashlu shahih Bukhari yang beliau bawakan maka seolah olah para ulama itu dihadapkan dengan tembok yang sangat kokoh sekali. Dimana hampir tidak diberi ruang bagi para ahli untuk dapat mengkritiknya. Karena selalu saja ada jawaban(hujjah) bagi beliau dari setiap sanad yang telah beliau pilih untuk dibawakan dalam kitabnya ini. Masya Allah.

Maka ayyuhal ikhwah sungguh sangat sayang bagi kita ketika masih ada dalam jangkauan kita sebuah majelis yang didalam nya didirasahkan kitab yang cukup besar manfa'atnya tersebut kemudian kita tidak berusaha untuk mendatanginya. Karena sungguh ilmu yang telah lewat belum tantu ia akan datang kembali. Yakni ketika kita tidak mendapatkan faedah ilmu disuatu waktu, maka pada waktu itulah kita kehilangan faedah ilmu pada suatu waktu tersebut.

Kembali kami mengajak kepada kaum lelaki dari ummat ini dan terlebih lagi bagi yang ada dikota ini untuk menghadiri majelis yang membahas kitab sebagaimana disebutkan diatas bila ingin mendatanginya yaitu kitab Jami' nya al Imam Bukhari rahimahullahu ta'ala bersama pengajar yang merupakan seorang Alim di kota kita ini al Fadhil al Ustadz Abu Unaisah Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullahu ta'ala, pada:

Hari : Insya Allah setiap sabtu (sabtu besok masuk)
Waktu : jam 08.30-10.30/11.00
Tempat : Masjid al Mubarak krukut Gajah Mada Kota, belakang kantor Poskota.
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->