IBX5A47BA52847EF Penjelasan Singkat Tentang IMAN KEPADA MALAIKAT (Bagian 01)

Penjelasan Singkat Tentang IMAN KEPADA MALAIKAT (Bagian 01)

Keimanan adalah hal yang wajib dimiliki bagi setiap orang yang mengaku beragama Islam. Iman adalah seperti yang dikatakan oleh para ulama di kitab-kitab akidah, yaitu meyakini dengan hati, mengucapkannya dengan lisan, diamalkan dengan anggota badan, serta iman itu bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan.

Iman adalah sebagaimana disebutkan dalam hadits Jibril yang masyhur yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yaitu iman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, hari akhir dan iman kepada takdir yang baik maupun buruk.

IMAN KEPADA MALAIKAT

Dalam tulisan ini dibahas tentang iman kepada malaikat yang merupakan rukun iman yang kedua dalam Islam dan merupakan iman kepada yang ghaib.

Makna Iman kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah mengimani akan keberadaan mereka dengan keimanan yang kokoh tanpa disertai dengan keraguan. (Al-Wajiiz fii Aqiidatis Salafis Shaalih hal. 32)

✅ Allah 'azza wa jalla berfirman:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ
“Rasul telah beriman kepada al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasulNya.” (QS. al-Baqarah [2]: 285)

✏ Abu Ibrohim Ari bin Salimin
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->