IBX5A47BA52847EF Tafsir Assa'diy rahimahullah: Sural Al-Haqqoh 28-29

Tafsir Assa'diy rahimahullah: Sural Al-Haqqoh 28-29

Tafsir Alqur'an Ringkas tentang "Penyesalan orang yang berharta dan berkuasa yang tidak diarahkan ke jalan Allah ta'ala"

Tafsir Al haqqoh (ayat 28-29)

ما أغنى عني ماليه هلك عني سلطانيه
✔ Hartaku sekali-kali tidak bisa memberi manfaat kepadaku

✔ Telah Hilang kekuasaan dariku

Tafsirnya Yaitu :
✅فيقول: {ما أغنى عني ماليه}
أي: ما نفعني لا في الدنيا، لم أقدم منه شيئا، ولا في الآخرة، قد ذهب وقت نفعه.

✅{هلك عني سلطانيه}
أي: ذهب واضمحل فلم تنفع الجنود الكثيرة، ولا العدد الخطيرة، (4) ولا الجاه العريض، بل ذهب ذلك كله أدراج الرياح، وفاتت بسببه المتاجر والأرباح، وحضر بدله الهموم والغموم والأتراح..
.
✅ Maksudnya tidak berguna lagi harta bagiku karena waktu didunia tidak aku gunakan untuk beramal kebaikan sedikitpun, dan tidak ada gunanya pula (harta -pent) diahkirat. Waktu memanfaatkan harta telah sirna (yaitu waktu ketika didunia -pent).

✅ “Telah hilang kekuasaan dariku” yaitu telah lenyap dan sirna, tidak bermanfaat lagi tentara-tentara yang banyak, tidak pula bermanfaat jumlah persiapan maupun kedudukan (kewibawaan dunia -pent) tidak pula bermanfaat banyaknya sesuatu, semua telah sirna sebagaimana diterpa angin. Telah lenyap karenanya tempat jual beli dan laba, serta yang datang sebagai pengganti berupa kesedihan dan duka (karena menyiakan harta dan kuasa waktu didunia -pent).

Tafsir Assa'diy rahimahullah

Akhukum Fillah Dipondok Yatim Non Yatim Annashihah Cepu Dikutip dari Tafsir Assa'diy rahimahullah.

Al-Ustadz Abu Amina حفظه الله

“Tetaplah hadir di majelis ilmu syar'i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan barokah lebih banyak dan lebih besar, insyaAllah.”

Join Channel Telegram: https://telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->