Bahaya Bersama Orang-orang Jahat

Dari ‘Aisyah, dia berkata, “Rasulullah-shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,

يَغْزُو جَيْشٌ الْكَعْبَةَ فَإِذَا كَانُوا بِبَيْدَاءَ مِنْ الْأَرْضِ يُخْسَفُ بِأَوَّلِهِمْ وَآخِرِهِمْ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ يُخْسَفُ بِأَوَّلِهِمْ وَآخِرِهِمْ وَفِيهِمْ أَسْوَاقُهُمْ وَمَنْ لَيْسَ مِنْهُمْ قَالَ يُخْسَفُ بِأَوَّلِهِمْ وَآخِرِهِمْ ثُمَّ يُبْعَثُونَ عَلَى نِيَّاتِهِمْ
📜 Sebuah pasukan menyerang Ka’bah. Ketika mereka sampai di tanah lapang yang sepi (antara Makkah dan Madinah) mereka diluluhlantakan sejak yang pertama hingga yang terakhir.’ ‘Aisyah berkata, ‘Aku bertanya,’Ya Rasulullah, bagaimana mereka diluluhlantahkan dari yang pertama hingga yang terakhir, padahal di antara mereka terdapat para pelaku pasar-pasar mereka dan orang-orang yang tidak termasuk dari mereka ? Nabi menjawab, ‘dari yang pertama sampai yang terakhir diluluhlantahkan lalu dibangkitkan berdasarkan niat-niat mereka (HR. al-Bukhari)

Bahaya Bersama Orang-orang Jahat

📚 Pelajaran :

Di dalam hadis ini terdapat pelajaran, bahwa barangsiapa yang ikut serta bersama orang-orang yang berbuat kebatilan dan kedurhakaan, mereka akan besama-sama mendapatkan dampak buruknya, baik orang yang shaleh maupun orang yang tidak shaleh. Hukuman, bila ditimpakan akan menimpa siapa saja secara umum, tak meninggalkan seorang pun, kemudian pada hari Kiamat kelak mereka akan dibangkitnya sesuai dengan niat mereka masing-masing.

✒ (Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, “Syarh Roiyadhush Shalihihn”,1/4) 📚

www.alsofwa.com
WhatsApp@DakwahAlSofwa +62 81 3336333 82

Tidak ada komentar: