IBX5A47BA52847EF Bolehkah Berpuasa Pada Hari Kelahiran Nabi Shallallahu alahi wa salam ?

Bolehkah Berpuasa Pada Hari Kelahiran Nabi Shallallahu alahi wa salam ?

Pertanyaan

Apakah boleh berpuasa pada hari kelahiran nabi shallallahu alahi wa salam, Berdasarkan hadist-hadist shohih yang di riwayatkan oleh imam muslim, an-nasa’i dan abu daud. Ketika rasulullah shallallahu alahi wa salam ditanya tentang puasa pada hari senin.

Beliau berkata “itu adalah hari kelahiranku”, dan berdasarkan hadist ini, apakah boleh seseorang berpuasa pada hari kelahirannya untuk meneladani nabi shallallahi alahi wa salam?

Jawaban

Pertama, Imam muslim meriwayatkan dari abu qotadah al-anshori radhiallahu anhu, sesungguhnya rasulullah shallallahu alahi wa salam ditanya tentang puasa pada hari senin, beliau bersabda

فِيهِ وُلِدْتُ وَفِيهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ 
Pada hari itu aku di lahirkan dan pada hari itu diturunkan kepadaku (alquran)

Berpuasa Pada Hari Kelahiran Nabi

Rasulullah shallallahu alahi wa salam juga bersabda di dalam hadist yg lainnya, hadist yang dinyatakan shohih oleh syeikh albani yang artinya “amal perbuatan dilaporkan pada setiap hari senin, aku senang ketika amalku dilaporkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala sedangkan aku dalam keadaan berpuasa".

Maka jelaslah, berdasarkan hadist-hadist shohih yang telah kita bacakan tadi bahwa nabi shallallahu alahi wa salam sebagaimana beliau berpuasa pada hari senin karena dirinya bersyukur atas nikmat kelahirannya pada hari tersebut.

Beliau juga berpuasa pada hari itu karna meyakini keutamaannya karna Allah telah menurunkan wahyu kepadanya pada hari tersebut maka barangsiapa yang berpuasa pada hari senin sebagaimana rasulullah shallallahu alahi wa salam berpuasa dengan harapan mendapatkan ampunan allah dan bersyukur atas nikmat allah yang diturunkan kepada hambanya pada hari tersebut diantaranya adalah dengan dilahirkan nabiNya.

maka itu adalah perkara yg baik dan sesuai dengan riwayat shahih dari sunnah nabi shallallahu alahi wa salam akan tetapi hal yang tidak diperbolehkan adalah dengan tidak mengkhususkan pada pekan-pekan tertentu atau bulan bulan tertentu dengan mengkhususkan hari hari tersebut untuk melaksanakan berpuasa.

Wallahu a’alam
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki