Islam adalah Agama Yang Menyelamatkan pemeluknya dari Neraka

Segala puji hanyalah milik Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba'du!

Saudaraku seislam yang saya cintai, semoga Allah memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari salah satu hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama berikut :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ غُلَامٌ يَهُودِيٌّ يَخْدُمُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَرِضَ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُهُ فَقَعَدَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَقَالَ لَهُ أَسْلِمْ فَنَظَرَ إِلَى أَبِيهِ وَهُوَ عِنْدَهُ فَقَالَ لَهُ أَطِعْ أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَسْلَمَ فَخَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَقُولُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْقَذَهُ مِنْ النَّارِ
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu dia berkata : Seorang pemuda Yahudi yang biasa melayani keperluan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallama jatuh sakit. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama menjenguknya lalu beliau duduk di sisi kepalanya seraya mengatakan kepadanya : “Masukklah kamu ke dalam agama Islam!” Lalu ia memandang kepada bapaknya yang ada di dekatnya. Maka bapaknya mengatakan : “Taatilah Abu al-Qosim (Yakni Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama). Maka pemuda tersebut pun masuk Islam. Setelah itu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallama keluar seraya mengatakan : “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan pemuda itu dari Neraka.” [HSR. Al-Bukhari rahimahullahu dalam kitab shahihnya no. 1356]

Islam sebagai agama yang menyelamatkan pemeluknya dari Neraka

Saudaraku seislam yang saya muliakan, jika kita renungi hadits yang mulia ini, sungguh di dalamnya mengandung banyak pelajaran yang bermanfaat untuk kita dan kaum muslimin. Di antaranya adalah :

1]
Hadits yang mulia ini menunjukkan bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang diterima dan diridhai Allah Ta'aala. Di antara tanda Islam sebagai agama yang benar dan diridhai Allah adalah Allah menetapkan Islam sebagai agama yang menyelamatkan pemeluknya dari Neraka.

2] Hadits yang mulia ini menunjukkan bahwa menjenguk orang sakit meskipun yang dijenguknya masih kafir termasuk perkara yang diamalkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama

3] Hadits yang mulia ini menunjukkan di antara sunnah Rasulullah dalam menjenguk orang sakit yakni duduk di dekat kepalanya.

4]
Hadits yang mulia ini menunjukkan bahwa menyeru atau mengajak orang kafir untuk memeluk Islam dalam berbagai kesempatan termasuk amalan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama yang banyak ditinggalkan oleh kaum muslimin di masa ini pada khususnya kecuali oleh mereka yang diberi rahmat dan taufiq oleh Allah. Padahal disaat kita tidak mampu mengajak mereka orang-orang kafir itu ke dalam Islam dengan lisan, tulisan, dan tindakan, kita masih mampu mendoakannya untuk mendapatkan hidayah Islam dalam berbagai kesempatan.

5]
Memuji Allah atas sesuatu yang menggembirakan termasuk amalan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallama

Wallahu a'lam.
Demikian dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. Wa shallallahu wa sallama 'alaa Nabiyyinaa Muhammad

📚 Kumpulan Hadits-hadits Pilihan Ibnu Mukhtar

Tidak ada komentar: