IBX5A47BA52847EF Surga dan Neraka pun Berdoa..

Surga dan Neraka pun Berdoa..

Segala puji hanyalah milik Allah. Shalawat dan salam untuk Rasulullah, amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga Allah memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari apa yang tersebut di bawah ini :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ -رضي اللهُ عَنْهُ- قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللهِ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتِ الْجَنَّةُ اللهم أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ قَالَتِ النَّارُ اللهم أَجِرْهُ مِنْ النَّارِ
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama telah bersabda : "Barangsiapa yang meminta Surga kepada Allah sebanyak tiga kali maka Surga berkata, 'Ya Allah masukkan hamba-Mu itu ke dalam Surga'. Dan barangsiapa yang memohon perlindungan kepada Allah dari Neraka sebanyak tiga kali maka Neraka berkata, 'Ya Allah lindungilah hamba-Mu itu dari Neraka'."

[HR. An-Nasaa-i rahimahullahu dalam sunannya 8/674 no. 5536, Maktabah Syamilah. Hadits dengan lafazh ini dinilai Shahih oleh Syaikh Al Albani rahimahullahu dalam Shahih wa Dha’if Sunan an-Nasaa-i no. 5521, Shahih al-Jaami’ no. 6275, dan Shahih at-Targib wat Tarhib 3/242 no. 3654, Maktabah Syamilah]

Surga dan Neraka pun Berdoa

Saudaraku seislam yang saya cintai, sungguh hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallama tersebut mengandung berbagai pelajaran penting yang bemanfaat untuk kita, di antaranya adalah :

1. Hadits yang mulia ini menunjukkan bahwa Surga dan Neraka telah Allah ciptakan.

2. Hadits yang mulia ini menunjukkan sifat ke-Mahakuasaan Allah Ta’aala. Dia telah memberikan kemampuan kepada Surga dan Neraka untuk berdoa dan berbicara kepada-Nya sesuai dengan kehendak-Nya.

3. Hadits yang mulia ini menunjukkan keutamaan berdoa hanya kepada Allah semata untuk memohon Surga dan berlindung dari Neraka sebanyak tiga kali. Oleh karena itu, janganlah kita lalai untuk berdoa memohon Surga dan berlindung dari Neraka. Di antaranya berdoa dengan lafazh berikut :

اللهم إِنِّى أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ
Allaahumma innii as-alukal jannata wa a’uudzu bika minan-naar

Ya Allah sungguh aku meminta Surga kepada-Mu dan sungguh aku berlindung pula kepada-Mu dari Neraka [Lafazh doa ini diambil dari shahih wa dha’if Abi Dawud 2/292 no. 792, Maktabah Syamilah]

Demikian dapat disampaikan.

Semoga Allah menjadikan penulis, pembaca dan siapa pun yang mendapatkan manfaat dari tulisan ini sebagai penghuni Surga-Nya kelak, aamiin.

Wa shallallahu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

📚 Kumpulan hadits-hadits Pilihan Ibnu Mukhtar
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki