IBX5A47BA52847EF Wasiat Lukman kepada Anaknya

Wasiat Lukman kepada Anaknya

✓La Tusyrik Billah.. (lukman 13) Dan (ingatlah)

ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

✓‌berbakti pada orangtua.. berbakti pada orangtua dalam alquran disandinfkan dg jangan berbiluat syirik (al maidah dan an nisa) (lukman 14) Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Wasiat Lukman kepada Anaknya

✓‌tidak ada sesuatu apapun sekecil apapun akan ada pertanggung jawabannya.. (lukman 16) (Lukman berkata): "Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui..

✓‌dirikanlah shalat,

✓‌beramar makruf nahi mungkar

‌✓bersabar atas apa yg menimpamu. (lukman 17) Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

✓‌jangan angkuh dan sombong (lukman 18) Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

✓‌kalau berjalan sederhanalah dan pelankan suaramu. (Lukman 19) Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

Diringkas dari kajian Ustadz Abu Yahya Badrusalam
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki