Hadits Palsu: "Suara Keras di Bulan Romadhon dan Huru-Hara di Bulan Syawwal"

● Tanya:

Beredar video yang menyebutkan hadits akan terdengar suara keras di bulan Ramadhan dan akan terjadi huru hara di bulan syawwal, shahihkah ustadz riwayatnya?

● Jawab:

Hadits yang dimaksud sebagai berikut:

يكون في رمضان هدة توقظ النائم ، وتقعد القائم ، وتخرج العواتق من خدورها ، وفي شوال مهمهة ، وفي ذي القعدة تميز القبائل بعضها من بعض ، وفي ذي الحجة تراق الدماء
"Akan terdengar suara keras di bulan Romadhon yang membangunkan orang yang tidur, mendudukkan orang yang berdiri, mengeluarkan gadis-gadis dari rumahnya, dan di bulan Syawwal akan terjadi huru-hara, di bulan dzulqo'dah kabilah-kabilah saling bermusuhan, di bulan dzulhijjah akan terjadi pertumpahan darah."

Huru-Hara di Bulan Syawwal

Hadits ini dikeluarkan oleh Nu'aim bin Hammad dalam kitab "Al-Fitan" 1/160 dalam sanadnya ada rowi pendusta yaitu Al-Harits bin Abdillah Al-A'war. Nu'aim sendiri adalah rowi yang dho'if dan kitabnya "Al-Fitan" keabsahan riwayat-riwayatnya diingkari oleh para Ulama.

Haditsnya juga dikeluarkan oleh Abu Nu'aim dalam "Akhbar Ashbahan" 2/199 dalam sanadnya ada rowi matruk yaitu Maslamah bin 'Ali. Al-Imam Adz-Dzahabi berkata, "Maslamah rowi yang saqith matruk." 

Jalan-jalan lain hadits ini juga tidak akurat sehingga Syaikh Al-Albani mengatakan hadits ini tergolong palsu lihat "Silsilah Adh-Dho'ifah" nomor 6178 & 6179. Maka tidak halal bagi siapapun menyebarkan hadits ini dan menganggapnya sebagai sabda Nabi shollallahu 'alaihi wasallam.

Al-Ustâdz Fikri Abul Hasan
Artikel manhajul-haq
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: