Nasehat Syeikh Sholih Al-Fauzan Hafidzahullah Menjelang Ramadhan

السُّــــؤَالُ: ما نصيحتكم للمسلمين بمناسبة اقتراب شهر رمضان؟
Pertanyaan: Apa nasehat anda kepada kaum muslimin bertepatan dengan dekatnya menjelang bulan Ramadhan?
الجَـــــوَابُ:

”الواجب على المسلم يسأل الله أن يبلغه رمضان وأن يعينه على صيامه وقيامه، والعمل فيه، لأنه فرصة في حياة المسلم: " مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"، "مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ"، فهو فرصة في حياة المسلم قد لا يعود عليه مرة ثانية.
Wajib bagi kaum muslimin untuk memohon kepada Allah agar bisa disampaikan (dipertemukan) dengan bulan Ramadhan, diberi kemampuan untuk berpuasa dan mendirikan shalat tarawih, dan juga bisa beramal saleh pada bulan Ramadhan. Dikarenakan bulan tersebut merupakan peluang kebaikan dalam kehidupan seorang muslim. “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dikarenakan keimanan dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosanya yang terdahulu” (H.R al-Bukhari)

”Barang siapa yang shalat malam pada bulan Ramadhan dikarenakan keimanan dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosanya yang terdahulu. “ (H.R al-Bukhari)


Menjelang Ramadhan

Maka ini adalah peluang kebaikan dalam kehidupan seorang muslim, bisa saja tidak terulang untuk kedua kalinya.

فالمسلم يفرح بقدوم رمضان ويستبشر به، ويستقبله بالفرح والسرور، ويستغله في طاعة الله ليله قيام، ونهاره صيام وتلاوة للقرآن والذكر فهو مغنم للمسلم.
Maka seorang muslim hendaknya bergembira dan merasa senang dengan datangnya bulan Ramadhan, menyambutnya dengan penuh kegembiraan, menggunakan kesempatan pada bulan tersebut untuk memperbanyak ketaatan. Shalat di malam hari dan pada siang harinya berpuasa, membaca Al-qur’an dan berdzikir, yang mana ini semua merupakan kebaikan yang melimpah bagi setiap muslim.

أما الذين إذا أقبل رمضان يعدون البرامج الفاسدة والملهية والمسلسلات والخزعبلات والمسابقات ليشغلوا المسلمين فهؤلاء جند الشيطان، الشيطان جندهم لهذا،
Adapun orang-orang yang menyambut bulan Ramadhan dengan mempersiapkan berbagai kegiatan-kegiatan yang rusak (negatif), yang melalaikan (seperti musik) , nonton sinetron, acara -acara lawakan atau perlombaan kuis, yang semua ini melalaikan kaum muslimin -dari ibadah-, maka mereka ini adalah bala tentara Syaithan. Syaithan telah menjadikan mereka sebagai bala tentaranya untuk kerusakan ini semua.

فعلى المسلم أن يحذر من هؤلاء ويحذر منهم، رمضان ما هو وقت لهو ولعب ومسلسلات وجوائز ومسابقات وضياع للوقت“.
الشيخ صالح الفوزان حفظه الله.
Maka wajib bagi setiap muslim untuk berhati-hati dari dari orang-orang seperti ini dan memperingatkan umat akan bahaya mereka.

Bulan Ramadhan bukanlah waktu untuk berbuat sia-sia dan bermain-main, bukan pula waktu untuk nonton sinetron, kuis-kuis dan perlombaan serta bukan pula untuk menyia-nyiakan waktu.
Fatwa ini bisa di dengar melalui link di bawah ini: [ http://cutt.us/4w6Ss ]

✍ Alih Bahasa: Al-Ustâdz Tauhiddin Ali Rusdi Sahal

Tidak ada komentar: