IBX5A47BA52847EF Paling Banyak Pahalanya Dalam Berpuasa

Paling Banyak Pahalanya Dalam Berpuasa

عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَهُ فَقَالَ: أَيُّ الْجِهَادِ أَعْظَمُ أَجْرًا؟ قَالَ: ” أَكْثَرُهُمْ لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ذِكْرًا ” قَالَ: فَأَيُّ الصَّائِمِينَ أَعْظَمُ أَجْرًا؟ قَالَ: ” أَكْثَرُهُمْ لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ذِكْرًا “، ثُمَّ ذَكَرَ لَنَا الصَّلَاةَ، وَالزَّكَاةَ، وَالْحَجَّ، وَالصَّدَقَةَ كُلُّ ذَلِكَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ” أَكْثَرُهُمْ لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ذِكْرًا ” فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ لِعُمَرَ: يَا أَبَا حَفْصٍ ذَهَبَ الذَّاكِرُونَ بِكُلِّ خَيْرٍ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” أَجَلْ
Sahl bin Mu’adz meriwayatkan dari ayahnya beliau berkata: Sesungguhnya ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam seraya berkata: "Apakah jihad yang paling besar/banyak pahalanya ?" Beliau menjawab : "Mereka yang paling banyak dzikirnya kepada Allah". Ia bertanya lagi : "Siapakah orang yang berpuasa yang paling besar/banyak pahalanya ?" Beliau menjawab : "Mereka yang paling banyak dzikirnya kepada Allah".

Kemudian ia bertanya tentang shalat, zakat, haji dan shadaqah (siapakah yang paling besar pahalanya?), semuanya di jawab oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan jawaban : "Mereka yang paling banyak dzikirnya kepada Allah". Lalu Abu Bakar berkata kepada Umar: "Wahai Abu Hafsh, sungguh orang yang (banyak) berdzikir telah pergi membawa seluruh kebaikan, maka Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam berkata: "Ya, benar"

(HR. Ahmad no. 15614)

Dari hadits diatas jelaslah bahwa orang yang paling utama dan paling besar/ banyak pahalanya dalam berpuasa adalah orang yang paling banyak dzikirnya kepada Allah dalam setiap kesempatan dan keadaan.

Paling Banyak Pahalanya Dalam Berpuasa

Oleh karena itu terdapat dalam al-Qur’an dan al-Hadits perintah untuk banyak berdzikir di pagi dan petang hari serta dalam setiap kondisi dan keadaan, bahkan tidak terdapat didalam al-Qur’an perintah untuk banyak beribadah selain dzikir kepada Allah, hal ini menunjukan akan keagungan dzikir dan besar pahalanya disisi Allah Ta’ala.

والذاكرين الله كثيرا والذاكرات أعد الله لهم مغفرة وأجرا عظيما
"Dan orang yang banyak berdzikir kepada Allah dari kalangan lelaki dan wanita, Allah janjikan bagi mereka ampunan dan pahala yang agung/besar"

يا أيها الذين آمنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا وسبحوه بكرة وأصيلا
"Wahai orang orang yang beriman, berdzikirlah kepada Allah dengan banyak, dan bertasbihlah kepadanya di pagi dan petang”

قالت عائشة رضي الله عنها: (كان النبي صلى الله عليه وسلم يذكر الله في كل أحيانه
Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata : "Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam selalu berdzikir kepada Allah dalam setiap waktu" (HR. Muslim no. 373)

Oleh Karena itu gunakanlah lisan kita untuk selalu banyak menyebut Allah dan dzikir kepada-Nya, terutama dalam ibadah kita, dan secara khusus puasa yang kita laksanakan di bulan Ramdhan yang penuh berkah.

Semoga Allah memberikan pertolongan-Nya kepada kita dalam berdzikir, bersyukur dan melakukan ibadah yang berkualitas.

اللهم أعنا على ذكرك، وشكرك، وحسن عبادتك
"Ya Allah, berilah kami pertolongan untuk berdzikir kepada-Mu, mensyukuri nikmat-Mu dan melakukan ibadah yang terbaik kepada-Mu"

✍ Al-Ustâdz Najmi Umar Bakkar
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
dukung operasional dan pengembangan dakwah online, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) a/n Atri Yuanda
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->