IBX5A47BA52847EF 10 Perkara yang bisa menyucikan jiwa (Hati)

10 Perkara yang bisa menyucikan jiwa (Hati)

KUTBAH JUM'AT MAJID JAMI' ABU AD DARDA PEKANBARU

Ust. DR. Firanda Andirja, MA

Jiwa yg suci adalah jiwa yg di agungkan oleh Allah subahana wata ala, sedangkan jiwa yg kotor atau tdk suci adalah jiwa yang Allah murka padanya.

Allah bersumpah demi matahari, demi waktu duha, sungguh beruntung lah org org yg mensucikan jiwanya dan sungguh merugi org org yg mengotori jiwanya.

10 Perkara yang bisa menyucikan jiwa (Hati)

10 Perkara yg bisa menyucikan jiwa ;

1. Tauhid, jauhkanlah diri kalian dr kesyirikan, pelajari macam macam kesyirikan yg dpt mengotori jiwa seseorang.

2. Bedoa kpd Allah subhana wata ala, doa adalah kunci dari semua kebaikan, krn ditangan Allah lah hati sesorang hamba dan Allah lah yg membolak balikkan hati seorang hamba tsb.

3. Bepegang teguh pada Al Quran, sungguh Allah telah memberi anugrah yg besar kpd kalian dgn mengutus seorang Rosul. semakin bayak baca Al Quran dan mentadaburinya maka akan semakin rindu dia kpd Allah dan akan semakin suci hatinya.

4. Menjadikan Rasulullah sebagai hasanatun hasanah. Rasul sebagai contoh dan tauladan, hati Rasululloh adalah hati seorang hamba yg paling suci. Ambillah contoh contoh hanya dari Rasulullah, dan jgn membuat buat atau berkreasi dlm beribadah.

5. Tahriah dan membersihkan hati dgn sedekah, membersihkan sebelum pensucian. Tatkala seseorang berbuat maksiat maka akan ada tiik hitam dlm hatinya, dan semakin banyak maksiatnya maka akan semakin besar noda noda hitam dlm hatinya.

6. Seseorang berusaha dgn memperbanyak mengingat kematian, obat yg paling ampuh adalah dgn mengingat kematian, kematian dtg secara tiba tiba tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

7. Memilih teman yg baik dan menghindari teman yg buruk. Agama seseorang dilihat dari agama temannya.

8. Menutup segala sarana sarana yg mengantarkan dan menjerumuskan kedalam kemaksiatan.
zaman skrg sangat mudah org berbuat maksiat, bahkan dlm rumahnya sendiri dgn Hpnya. Sungguh jika ia buka satu pintu kemaksiatan saja maka ia akan terjerumus dlm kemaksiatan tsb,

9. Hati hati dgn ujub dan berbangga diri. Tidaklah kita berhasil membaca al quran, tdk lah kita berhasil mengamalkan amal amal soleh kecuali bukan krn seijin dan kemudahan yg diberikan Allah. Jgn lah ia meremehkan orang lain dgn amalan yg sedikit. Ujub akan menghapus amal amalan...

10. Mengerti sifat sifat hati..
- hati yg tenang, hati yg patuh dan taat kpd ketaatan allah
- hati yg suka memcela, hati yg suka menghina.
- hati yg suka menyuruh berbuat kemaksiatan. Cela hati tsb dan lawanlah hati dan kemaksiatan tsb agar mudah dlm membersihkan dan mensucikan hati.

mohon maaf jika ada yg salah dlm penulisan ringkasan kutbah Jumat ini. Kami bertaubat pada Allah subhana wata ala, dan semoga bermanfaat.

silakan di share...
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki