IBX5A47BA52847EF Amalan yang berkelanjutan paling Disukai Allah

Amalan yang berkelanjutan paling Disukai Allah

عن عائشة رضي الله عنها: أنَّ النَّبيّ صلى الله عليه وسلم دخل عَلَيْهَا وعِندها امرأةٌ، قَالَ: ((مَنْ هذِهِ؟)) قَالَتْ: هذِهِ فُلاَنَةٌ تَذْكُرُ مِنْ صَلاتِهَا. قَالَ: ((مهْ، عَلَيْكُمْ بِمَا تُطِيقُونَ، فَواللهِ لا يَمَلُّ اللهُ حَتَّى تَمَلُّوا)) وكَانَ أَحَبُّ الدِّينِ إِلَيْهِ مَا دَاوَمَ صَاحِبُهُ عَلَيهِ. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ. 
Dari Aisyah radhiallahu 'anha bahwasanya Nabi sholallohu 'alaihi wasallam memasuki rumahnya dan di sisi Aisyah itu ada seorang wanita. Beliau sholallou 'alaihi wasallam bertanya:"Siapakah ini?" Aisyah menjawab: "Ini adalah si fulanah." Aisyah menyebutkan perihal shalatnya wanita tadi - yang sangat luar biasa tekunnya.

Beliau sholallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Jangan demikian, hendaklah engkau semua berbuat sesuai dengan kekuatanmu semua saja. Sebab demi Allah, Allah itu tidak bosan - memberi pahala - sehingga engku semua bosan - melaksanakan amalan itu. Adalah cara melakukan agama yang paling dicintai oleh Allah itu ialah apa-apa yang dikekalkan melakukannya oleh orangnya itu - yakni tidak perlu banyak-banyak asalkan langsung terus." (Muttafaq 'alaih)

Amalan yang berkelanjutan paling Disukai Allah

Kandungan Hadits:

1- Allah tidak bosan, maksudnya bahwa Allah tidak akan memutuskan pahalanya pada kita semua atau balasan pada amalan-amalan kita itu ataupun memperlakukan kita semua sebagai perlakuan orang yang sudah bosan. Hatta tamallu artinya sehingga kita semua yang bosan lebih dulu, lalu amalan itu ditinggalkan.

2- Oleh sebab itu seyogyanya kita semua mengambil amalan itu sekuat tenaga saja yang sekiranya akan tetap langsung dan kekal melakukannya agar supaya pahalanya serta keutamaannya tetap atas diri kita semua.

3- Sesungguhnya hanyalah amalan yang dicintai Allah yang dikerjakan secara berkesinambungan karena melestarikan kebaikan tak terpisahkan pengabdian yang sebenarnya.
4- Sedikit istiqomah lebih disukai daripada banyak tapi cuma sesaat

5- Hadits ini juga memberi petunjuk, Allah tidak akan berhenti memberi pahala sampai hambanya berhenti beramal.

Tema Hadits yang berkaitan dengan Al-Qur'an:

- Yakni Dia tidak membebankan kepada kalian apa-apa yang tidak mampu kalian kerjakan; Dia pun tidak mengharuskan sesuatu yang sangat berat bagi kalian, melainkan Allah menjadikan bagi kalian jalan keluar yang menuntaskannya

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ
"dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kalian dalam agama suatu kesempitan." (QS.Al-Hajj: 78)
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki