IBX5A47BA52847EF Apakah sebenarnya Salafy Wahhabi?

Apakah sebenarnya Salafy Wahhabi?

● Tanya:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mengapa banyak sekali yang mengatakan "Salafy itu wahabi" sebenarnya wahabi itu apa ustadz?
Syukron.

● Jawab:

Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh.

Salafy adalah orang yang mengikuti cara beragama Salaf dalam beraqidah, beribadah, berakhlaq, bermuamalah, berjihad, beramar ma'ruf nahi munkar, maupun al-wala' wal baro'. Salaf adalah ringkasan dari kata Salafussholih yaitu para pendahulu yang sholih dari kalangan shohabat Nabi, tabi'in, tabi'it tabi'in. Tiga generasi ini yang telah dipuji keimanannya oleh Allah dan Rosul-Nya shollallahu 'alaihi wasallam dalam Al-Qur'an was Sunnah dan kaum muslimin diperintah untuk mengikuti jejak mereka karena keislaman mereka yang murni dan bersih dari polusi pemikiran.

Apakah sebenarnya Salafy Wahhabi

Maka Salafy adalah orang yang mengikuti Salaf dalam berislam. Salafy bukan organisasi masyarakat, bukan pula kelompok yang di dalamnya ada ketua dan anggota. Salafy juga bukan orang yang menisbatkan dirinya kepada Syaikh tertentu, atau Ustadz tertentu, maupun harokah (pergerakan) tertentu dalam beragama. Karena Salafy menentang harokah hizbiyyah yang mengakibatkan perpecahan.

Sedangkan Wahhabi adalah julukan yang dibikin oleh orang-orang belakangan yang berang dengan dakwah tauhid dan sunnah. Mereka tidak mau kebiasaan masyarakat yang kental dengan tradisi syirik dan bid'ah itu dikoreksi dan diluruskan. Jadi istilah Wahhabi itu sebetulnya julukan yang sengaja dibuat untuk membikin orang lari dari dakwah tauhid dan sunnah.

Umat Islam tidak boleh kritis dan harus dipertahankan status quo kebodohannya supaya terus-menerus tenggelam dalam praktek syirik dan bid'ah. Jika umat Islam sudah berani menggadaikan prinsip agamanya dengan meninggalkan tauhid dan sunnah, maka tunggulah kehancurannya meski jasadnya bersatu dan umat semacam ini lebih mudah dijajah sebagaimana yang telah dibuktikan oleh sejarah.

Namun apabila julukan Wahhabi itu dinisbatkan kepada sosok Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab, maka sesungguhnya beliau adalah salah seorang Ulama Ahlussunnah yang mengikuti manhaj salaf dalam beragama. Beliau tidak mengadakan madzhab baru seperti yang dituduhkan, beliau hanya berdakwah menyeru manusia kepada tauhid dan sunnah Nabi shollallahu 'alaihi wasallam yang mulia dengan dalil-dalil Al-Qur'an was Sunnah sesuai pemahaman Salaf. Silakan baca karya-karya tulis Syaikh Muhammad yang sudah banyak dicetak.

Jika demikian adanya lantas dari sudut mana Salafy diklaim sebagai Wahhabi? Jadi jelas ini hanya julukan yang sengaja direkayasa untuk membikin orang lari dari kebenaran. Dan kelompok-kelompok yang gemar melontarkan label Wahhabi kepada Salafiyyin sesungguhnya dia sedang mendukung program para penjajah.
___
Al-Ustâdz Fikri Abul Hasan
Artikel manhajul-haq
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
dukung operasional dan pengembangan dakwah online, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) a/n Atri Yuanda
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->