IBX5A47BA52847EF Syarah Hadist : Larang Sumpah kepada Selain Allah

Syarah Hadist : Larang Sumpah kepada Selain Allah

عَنْ ثَابِتَ بْنَ الضَّحَّاكِ وَكَانَ مِنْ أَصْحَابِ الشَّجَرَةِ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ حَلَفَ عَلَى مِلَّةٍ غَيْرِ الْإِسْلَامِ فَهُوَ كَمَا قَالَ وَلَيْسَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَذْرٌ فِيمَا لَا يَمْلِكُ وَمَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ فِي الدُّنْيَا عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَعَنَ مُؤْمِنًا فَهُوَ كَقَتْلِهِ وَمَنْ قَذَفَ مُؤْمِنًا بِكُفْرٍ فَهُوَ كَقَتْلِهِ
Dari Tsabit bin Adl Dlahak dan dia termasuk dari Ashabus Syajarah (ikut serta dalam Baiatur Ridwan), Rasulullah Shallallahu alahi wa salam bersabda: "Barangsiapa bersumpah dengan agama selain Islam, maka dia adalah seperti yang dikatakan. Tidak ada anak Adam yang bernazar pada benda yang bukan miliknya dan barangsiapa yang membunuh diri sendiri dengan sesuatu benda di dunia, maka dia akan disiksa di akhirat dengan sesuatu yang digunakan untuk membunuh diri. Dan barangsiapa yang melaknat orang mukmin maka ia seperti membunuhnya dan barangsiapa yang menuduh seorang muslim dengan kekafiran maka ia seperti membunuhnya." (HR Bukhari No: 5587)

Larang Sumpah kepada Selain Allah

Kandungan hadits

1. Seorang Muslim jika bersumpah, maka hendaklah menggunakan nama Allah seperti “wallahi, wabillahi, watallahi, atau nama-nama Allah yang lain. Dilarang bersumpah dengan Tuhannya agama lain.

2. Seorang Muslim yang bernazar maka wajib ia menunaikannya, jika tidak dia terkena denda (kafarah).

3. Seorang Muslim yang bunuh diri akan dibangkitkan di hari kiamat sebagai mana ketika ia bunuh diri. Ketika seseorang bunuh diri maka lepaslah ikatan iman dan Islam nya.

4. Diharamkan membunuh orang lain kecuali yang dibenarkan, seperti di medan perang. Ketika seseorang membunuh orang lain dengan tanpa sebab yang benar maka seolah olah telah membunuh manusia semuanya.

5. Barang siapa melaknat orang mukmin yang lain maka seolah-olah sama seperti dia membunuhnya, misalnya mendoakan agar dicabut rahmat Allah daripadanya.

6. Seorang mukmin dilarang menuduh mukmin lain menjadi kafir karena dosanya seolah olah telah membunuhnya.
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->