IBX5A47BA52847EF Benarkah Nabi Muhammad tercipta dari Cahaya ?

Benarkah Nabi Muhammad tercipta dari Cahaya ?

Di sebagian kalangan ada sebuah keyakinan bahwa makhluk pertama yang diciptakan Allah adalah nur (cahaya) Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Artinya juga, bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diciptakan dari cahaya.

Keyakinan ini adalah tidak benar. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sama halnya dengan manusia yang lain. Di antara dalil yang menunjukkan bahwa hal itu tidak benar adalah sabda beliau shallallahu alaihi wasallam:

خُلِقَتِ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ، وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ، وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ
“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari kobaran api dan Adam diciptakan dari apa-apa yang telah disifati (diterangkan) kepada kalian.” (HR. Muslim: 2996)

Benarkah Nabi Muhammad tercipta dari Cahaya

Syaikh Muhammad bin Nashiruddin al-Albani rahimahullah mengatakan: _“Di dalam hadits ini terdapat isyarat akan batilnya hadits yang masyhur di lisan orang-orang yaitu:

أَوَّلُ مَا خَلَقَ اللَّهُ نُوْر نَبِيِّك يَا جَابِرُ
‘Yang pertama diciptakan Allah adalah nur (cahaya) Nabimu, wahai Jabir’

Juga hadits-hadits lain yang menyebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam diciptakan dari cahaya.

Hadits ini adalah dalil yang sangat jelas yang menunjukkan bahwa hanya malaikat yang diciptakan dari cahaya tidak termasuk Adam dan anak keturunannya, maka perhatikanlah jangan jadi orang yang ceroboh dan lalai.” (al-Silsilah ash-Shahihah: 1/820 no. 458)

Oleh sebab itu, tidak boleh meyakini bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diciptakan oleh Allah dari cahaya. Agama kita adalah agama dalil, sehingga dalam menyakini sesuatu pun harus berdasarkan dalil yang benar.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki