IBX5A47BA52847EF Jadikan Jumat Kita Makin Berkah Dengan Mengawali Sedekah

Jadikan Jumat Kita Makin Berkah Dengan Mengawali Sedekah

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan harta-nya di jalan Allah), maka Allah akan melipat-gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak…” (QS. Al-Baqarah: 245)

Salah satu sedekah yang paling di anjurkan yakni Mendapat Rezeki Karena Giat Membantu (Bersedekah) Kepada Para Penuntut Ilmu

Mengawali Sedekah

Keutamaannya tersebut disebutkan oleh Imam Nawawi ketika membahas masalah TAWAKKAL dan YAKIN dalam kitab Riyadhus Sholihin. Beliau membawakan hadits:

"Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Pada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ada dua orang bersaudara, yang satu suka datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (untuk menuntut ilmu agama) dan yang lainnya giat bekerja (supaya saudaranya bisa mendapatkan rezeki, -pen). Kemudian orang yang giat bekerja mengadu kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang keadaan saudaranya itu. Lantas beliau bersabda, “Barangkali engkau mendapatkan rezeki karena sebab saudaramu (yang rajin belajar itu).” (HR. Tirmidzi no. 2345. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Kata Imam Nawawi sanadnya shahih sesuai syarat Muslim)."

Referensi:

Terjemahan Kitab: Bahjatun Nazhirin Syarh Riyadhish Sholihin, Abu Usamah Salim bin ‘Ied Al Hilaliy, terbitan Dar Ibnul Jauzi, cetakan pertama, tahun 1430 H, 1: 144-145.

Terjemahan Kitab: Nuzhatul Muttaqin Syarh Riyadhish Sholihin, Dr. Musthofa Al Bugho, dll, terbitan Muassasah Ar Risalah, cetakan pertama, tahun 1432 H, hal. 61

Semoga bermanfaat dan semakin menyemangati kita untuk terus membantu/bersedekah dan beramal sholih (amal jariyah). Aamiin.

Jumat Makin Berkah Dengan Sedekah
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki