IBX5A47BA52847EF Sejarah Air Zam-zam dan manfaat bagi yang minum

Sejarah Air Zam-zam dan manfaat bagi yang minum

Sebagian besar umat Islam pasti mengenal air zamzam. Air ini akrab dengan umat Islam dan bisa dinikmati karena sering dibawa oleh jamaah haji.

Air zamzam dalam sejarahnya bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya, Ismail, yang ditinggal Nabi Ibrahim AS di sebuah padang tandus. Cerita Siti Hajar yang ditinggal Ibrahim ini diabadikan Allah Subhanahu wa ta'ala dalam Alquran surah Almaidah (14) ayat 37.

Munculnya air dari bekas entakan Nabi Ismail ini kemudian memicu hadirnya serombongan burung-burung di sekitarnya. Melihat adanya burung ini, para kafilah yang juga sedang mencari air segera menuju tempat burung-burung beterbangan itu. Inilah sekelumit singkat awal mula munculnya sumur zamzam.

Sejarah Air Zam-zam

Setelah sekian ribu tahun, konon sumur zamzam ini kemudian tertutup karena tidak ada yang merawatnya. Maka, kakek Nabi Muhammad AS, Abdul Muthalib, bernazar untuk menggalinya kembali apabila dirinya dikaruniai banyak anak dan akan mengurbankan salah satunya. Doanya dikabulkan Allah Subhanahu wa ta'ala dan ia mempunyai 10 orang anak.

Sumur zamzam memiliki kedalaman sekitar 30,5 meter. Dari permukaan hingga kedalaman 13,5 meter. Sumur zam zam terletak kira-kira 20 meter sebelah timur Ka'bah.

Di bawah tanah ini, disediakan tempat minum air zamzam sebanyak 350 keran air, terdiri atas 220 keran untuk laki-laki dan 130 keran untuk perempuan yang terpisah

berdasarkan pengukuran kapasitas air zam-zam oleh badan survei geologi Arab Saudi, melalui uji pompa (pumping test) menunjukkan debit air zam-zam mencapai 11-18,5 liter per detik, mencapai 660 liter per menit atau 40 ribu liter per jam.

Dalam uji coba pemompaan 8 ribu liter per detik selama lebih dari 24 jam memperlihatkan permukaan air sumur dari awalnya 3,23 meter di bawah permukaan menjadi 12,72 meter dan kemudian menjadi 13,39 meter.

Jika di akumulasikan, akan ada 690 juta liter air zamzam yang dipompa dalam 24 jam namun sumurnya terisi kembali hanya dalam waktu 11 menit! Masya Allah.

“Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.” Hadits hasan. Lihat Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/18.

“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anh, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.” [Hadits hasan li ghairihi. Lihat Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/19

Manfaat Air Zam- Zam

1.Meregenerasi sel kulit mati
2. Melancarkan metabolisme tubuh
3. Mengobati berbagai macam penyakit
4. Seusai dengan niat saat minum air zam – zam
5. Tambahan energi ibu hamil
6. Melancarkan peredaran darah
7. Menutrisi janin
8. Memberi rasa bahagia
9. Baik untuk tulang dan gigi
10. Menguatkan rahim saat hamil
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki