anjuran menyegerakan shalat Qadha

Imam Muslim menulis satu bab khusus dalam Shahih Muslim:

باب قَضَاءِ ال لَّا صلاَةِ الْفَائِتَةِ وَاسْتِحْبَابِ تَػعْ يلِ قَضَائِ ا.
Bab: Qadha’ (mengganti) shalat yang tertinggal dan anjuran menyegerakan shalat Qadha’.

.» مَنْ سِىَ صَلاَةً فَػلْيُصَلدِّ ا إِذَا ذ ىَا لاَ لَّافارَةَ تعَاَ إِلالَّا ذَلِكَ « عَنْ أَ سِ بْنِ مَالِكٍ أَ لَّا ف رَسُوؿَ الللَّاوِ -صلى الله عليو وسلم- قَاؿَ
Dari Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu alahi wa salam bersabda: “Siapa yang terlupa shalat, maka ia wajib melaksanakannya ketika ia ingat. Tidak ada yang dapat menebus shalat kecuali shalat itu sendiri”. (HR. Muslim).

عَنْ جَابِ بْنِ عَبْدِ الللَّاوِ أَ لَّا ف عُمَ بْنَ اتطَْطلَّاابِ جَاءَ ػوََْ اتطَْنْدَؽِ بػعَْدَ مَا اَ بَتِ ال لَّا مْسُ ، فَ عَلَ سُبُّ لَّافارَ قُػ شٍ قَاؿَ ا رَسُوؿَ الللَّاوِ مَا فَػ مْنَا إِلَذ بُطْحَافَ ، . » وَالللَّاوِ مَا صَللَّايْتُػ ا « - دْتُ أُصَلدِّى الْعَصْ لَّاتَّ ادَتِ ال لَّا مْسُ تَػ بُ . قَاؿَ النلَّابُِِّ - صلى الله عليو وسلم فَػتَػوَ لَّا ض لِل لَّا صلاَةِ ، وَتَػوَ لَّا ض ا تعَاَ فَصَللَّاى الْعَصْ بػعَْدَ مَا اَ بَتِ ال لَّا مْسُ ، ثُُلَّا صَللَّاى بػعَْدَىَا الْمَ بَ .
Dari Jabir bin Abdillah, sesungguhnya Umar bin al-Khaththab datang pada perang Khandaq, ia datang setelah matahari tenggelam. Umar mencaci maki orang-orang kafir Quraisy seraya berkata: “Wahai Rasulullah, aku hampir tidak shalat ‘Ashar hingga matahari hampir tenggelam”. Rasulullah Shallallahu alahi wa salam berkata: “Demi Allah saya pun tidak melaksanakannya”. Lalu kami pergi menuju lembah Buth-han, Rasulullah Shallallahu alahi wa salam berwudhu’, kemudian kami pun berwudhu’. Rasulullah Shallallahu alahi wa salam melaksanakan shalat ‘Ashar setelah tenggelam matahari. Kemudian setelah itu beliau melaksanakan shalat Maghrib”. (HR. al-Bukhari).

anjuran menyegerakan shalat Qadha

Pendapat Imam an-Nawawi:

اترع العلماء ال ن عتد م علي اف من ت ؾ صلاة عمدا للمو قضاؤىا وخالف م أبو تػمد على ابن ل ف اؿ لا در علي قضائ ا ابدا ولا صح فعل ا ابدا قاؿ بل كث من فعل اتطير وصلاة التطوع ليث ل ميلا و و ال يامة و ست ف الله تعالر و توب وى ا ال ى قالو مع أ و تؼالف للاتراع باطل من ج ة الدليل وبسط ىو الكلا في الاستدلاؿ لو وليس فيما ذ دلالة أصلا وتؽا دؿ علي وجوب ال ضاء د ث أبَ ى ة رضى الله عنو اف النبِ صلي الله عليو وسلم )أم المجامع في نهار رمضاف اف صو وما مع الكفارة أي بدؿ اليو ال ى افسده باتصماع عمدا( رواه البي ى باسناد جيد وروي أبو داود تؿوه ولا و إذا وجب ال ضاء علي التارؾ اسيا فالعامد أولذ
Para ulama terkemuka telah Ijma’ bahwa orang yang meninggalkan shalat secara sengaja, maka ia wajib meng-qadha’nya. Abu Muhammad Ali bin Hazm bertentangan dengan Ijma’ ulama, ia berkata: “Orang yang meninggalkan shalat itu tidak akan mampu meng-qadha’nya, perbuatannya itu tidak sah. Ia cukup dengan memperbanyak berbuat baik dan shalat sunnat untuk memberatkan timbangan amalnya pada hari kiamat serta memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala bertaubat kepada-Nya. Pendapat Ibnu Hazm ini bertentangan dengan Ijma’ ulama, pendapat ini batil bila dilihat dari dalilnya. Ibnu Hazm membahas dengan mengemukan dalil-dalil, akan tetapi dalil-dalil yang ia sebutkan itu tidak mengandung dalil secara mendasar dalam masalah ini.

Diantara dalil yang mewajibkan Qadha’ adalah hadits Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alahi wa salam memerintahkan orang yang melakukan hubungan intim di siang Ramadhan agar melaksanakan puasa dengan membayar kafarat. Artinya, ia mengganti hari puasa yang telah ia rusak secara sengaja dengan hubungan intim tersebut. Diriwayatkan oleh al-Baihaqi dengan Sanad Jayyid. Abu Daud juga meriwayatkan yang sama dengan itu. Jika orang yang meninggalkan karena lupa tetap wajib mengqadha’, maka orang yang meninggalkan secara sengaja lebih utama untuk mengqadha’83.

Pendapat Imam Ibnu Taimiah:

83 Imam an-Nawawi, al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab: 3/71.

الْمُسَارَعَةُ إلَذ قَضَاءِ الْفَوَائِتِ الْكَثِيرَةِ أَوْلَذ مِنْ الِاشْتِ اؿِ عَنْػ ا بِالنلَّاػوَافِلِ وَأَلَّاما مَعَ قِللَّاةِ الْفَوَائِتِ فَػ ضَاءُ السُّنَنِ مَعَ ا سَنٌ . فَ لَّا ف النلَّا لَِّا بِ صَللَّاى الللَّاوُ عَلَيْوِ وَسَللَّامَ لَ لَّا ما اَ ىُوَ وَأَصْحَابُوُ عَنْ ال لَّا صلَاةِ - صَلَاةِ الْفَ - عَاَ ن قَضَوْا السُّنلَّاةَ وَالْفَ ضَةَ . وَلَ لَّا ما فَاتَػتْوُ ال لَّا صلَاةُ ػوََْ اتطَْنْدَؽِ قَضَى الْفَ ائِضَ بِلَا سُنَنٍ . وَالْفَوَائِتُ الْمَفْ وضَةُ تػ ضَى فِي ترَِيعِ الْأَوْقَاتِ فَ لَّا ف النلَّا لَِّا بِ صَللَّاى الللَّاوُ عَلَيْوِ وَسَللَّامَ قَاؿَ : } مَنْ أَدْرَؾَ رَ عَةً مِنْ الْفَ قَػبْلَ أَفْ تَطْلُعَ ال لَّا مْسُ فَػلْيُصَ دِّ ل إلَيْػ ا أُخْ ى { وَاَلللَّاوُ أَعْلَمُ 
Menyegerakan diri melaksanakan qadha’ shalat yang banyak tertinggal lebih utama daripada menyibukkan diri dengan shalat-shalat sunnat. Adapun shalat wajib yang tertinggal sedikit, maka melaksanakan qadha’ bersama shalat sunnat, itu baik. Karena Rasulullah Shallallahu alahi wa salam ketika beliau tertidur bersama para shahabat sehingga tertinggal shalat Shubuh pada tahun perang Hunain, beliau melaksanakan shalat Qadha' yang sunnat dan yang wajib. Ketika tertinggal shalat wajib pada perang Khandaq, beliau meng-qadha’ yang wajib saja tanpa shalat sunnat. Shalat-shalat wajib yang tertinggal diqadha’ di semua waktu, karena Rasulullah Shallallahu alahi wa salam bersabda: “Siapa yang mendapatkan satu rakaat shalat Shubuh sebelum terbit matahari, maka hendaklah ia menambahkan satu rakaat lagi”. Wallahu a’lam84. Kita wajib memperhatikan shalat-shalat kita, karena yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalat, Rasulullah Shallallahu alahi wa salam bersabda:

إِ لَّا ف أَلَّاوؿَ مَا اسَبُ بِوِ الْعَبْدُ ػوََْ الْ يَامَةِ مِنْ عَمَلِوِ صَلاَتُوُ فَ فْ صَلُحَتْ فَػ دْ أَفْػلَحَ وَأَتْؾَحَ وَإِفْ فَسَدَتْ فَػ دْ خَابَ وَخَسِ فَ فِ ا ػتَػ صَ مِنْ فَ ضَتِوِ شَىْءٌ قَاؿَ اللَّا بُّ عَلَّال وَجَ لَّا ل ا ظُ وا ىَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَػيُكَ لَّا ملَ ا مَا ا ػتَػ صَ مِنَ الْفَ ضَةِ ثُُلَّا كُوفُ سَائِ عَمَلِوِ عَلَى ذَلِكَ
“Sesungguhnya yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat dari amalnya adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka ia menang dan berhasil. Jika shalatnya rusak, maka ia telah sia-sia dan rugi. Jika ada kekurangan pada shalatnya, Allah berfirman: “Perhatikanlah, apakah hamba-Ku itu melaksanakan shalat-shalat sunnat, maka disempurnakan kekurangan itu”. Demikianlah seluruh amalnya”. (HR. at-Tirmidzi)

Tidak ada komentar: