2 Keutamaan Sholat berjamaah

2 Keutamaan Sholat Jamaah

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ( مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الْأُولَى كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَتَانِ بَرَاءَةٌ مِنْ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنْ النِّفَاقِ ) رواه الترمذي(241) وصححه الشيخ الألباني رحمه الله. 
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata, berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam : Barang siapa shalat karena ridhoAllah empat puluh hari berjamah(di masjid) mendapatkan takbir yang pertama (takbirotul ihrom) imam, ditetapkan baginya terlepas dari dua perkara yaitu:
- Terlepas dari siksa api neraka.
- Terlepas dari nifaq.
[Hr. At-Tirmizi(241)dishohihkan oleh As-Syaeh Al-Bani rahimahullah.]

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist :

1- Pentingnya shalat berjamaah lima waktu bagi seseorang muslim dimasjid.

2- Dhohir hadist, bahwa maksud mendapatkan - mendapatkan takbirotul ihrom bersama imam. Yaitu : Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengikatnya dengan takbir yang pertama, bisa dipahami bahwa seseorang tidak mendapatkan itu fadhillah setelah takbir yang pertama atau setelah imam rukuk.

3- Maksud dari hadist, anjuran bagi seorang muslim untuk bergegas dan bersegera shalat kemasjid berjamaah dan mendapatkan takbirotul ihrom bersama imam.

4- Dan yang sangat penting atas seorang hamba untuk bertekad mendapatkan sholat berjamaah dari awalnya dan supaya mendapatkan takbirotul ihrom dibelakang imam rowatib.

5- Barang siapa berkeyakinan bahwasanya fadhillah itu didapat dirokaat yang terakhir atau yang kedua itu semua menunjukkan bahwa orang yang meremehkan shalat berjamaah bersama imam rowatib dimasjid. Itu semua bertentangan dengan maksud tasyri'. Yang sangat diharapkan bagaimana kita bisa mendapatkan shalat jamaah diawal waktunya bersama imam rowatib dimasjid.

6- InsyaAllah bila kita bisa mengamalkan hadist diatas hanya karena mencari ridho Allah akan berhak mendapatkan janji Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, " terlepas dari siksa api neraka dan nifaq".

7- Hikmah selanjutnya akan lebih bisa mengokohkan iman seseorang dan istiqomah melaksanakan sholat berjamaah lima waktu bersama imam rowatib di masjid.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al Qur'an :

- Banyak kalangan ulama menyimpulkan dalil ayat dibawah ini akan wajibnya salat berjamaah.
وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Dan rukuklah kalian bersama orang-orang yang rukuk. (Al-Baqarah: 43)
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: