Kebolehan tidak Berpuasa bagi Musafir/ pemudik

Kebolehan tidak Berpuasa bagi Musafir/ pemudik

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ حَمْزَةَ بْنَ عَمْرٍو الْأَسْلَمِيَّ قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "أَأَصُومُ فِي السَّفَرِ وَكَانَ كَثِيرَ الصِّيَامِ فَقَالَ إِنْ شِئْتَ فَصُمْ وَإِنْ شِئْتَ فَأَفْطِرْ" رواه البخاري)
Dari Aisyah radhiyallahu 'anhu, istri Nabi shallahu 'laihi wa sallam, bahwasanya Hamzah bin 'Amr al-Aslami bertanya kepada Nabi Shallallahu alahi wa salam"Apakah boleh aku berpuasa dalam safar (perjalanan) ? -Beliau adalah seorang yang banyak melakukan puasa-. Maka Rasulullah s hallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Berpuasalah jika kamu mau dan berbukalah jika kamu mau.” HR. al-Bukhari (w. 256 H)

Istifadah:

Dalam bulan Ramadhan, Allah telah mewajibkan kaum muslimin yang telah mencukupi syarat dan ketentuannya untuk berpuasa baik laki-laki, perempuan, petani, pedagang, dll. Namun ada beberapa kelompok yang diberi keringanan oleh Allah untuk tidak melaksanakn puasa, diantaranya adalah orang yang melakukan safar (perjalanan). Dan ia diwajibkan untuk menggantinya di hari yang lain.

Para Ulama Fikih memberi beberapa persyaratan mengenai kebolehan tidak puasa bagi musafir ini yaitu jarak perjalanan sesuai dengan jarak kebolehan qashar shalat yaitu 81 km atau berdasarkan urf di masyarakat, perjalanan adalah untuk hal yang dibolehkan seperti menyambung silaturrahim, perjalanannya dilakukan pada malam hari dan sebelum terbit fajar (waktu subbuh) telah melewati batas daerah tempat tinggalnya, dst.

Terlepas dari kemudahan yang diberikan oleh agama, sebaiknya kita melihat kondisi tubuh kita. Jika berat melakukan puasa, maka lebih utama untuk tidak melakukam puasa. Dan jika sebaliknya, sebaiknya tetap berpuasa.
Semoga saudara kita yg sedang mudik/ pulang kampung diberi kelancaran dan keselamatan di jalan sampai tujuan masing-masing.
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: