Bedanya Warung di Arab Saudi dengan di Indonesia

Warung di Arab Saudi

Baqolah (بقالة) atau biasa juga disebut Bagalah, kalau di negara kita, semacam warung. Tapi bukan warung kopi, bubur kacang ijo, atau indomie ya.

Disini, barang yang dijual; deterjen, sabun mandi, shampo, minuman ringan, snack, dan yang semisalnya. Tidak ada barang matang yang di masak langsung.

Sama kayak di kita, warung disini biasanya diberi nama. Di bawah ini namanya Baqolah Afif. Entahlah, mungkin itu nama pemiliknya, atau nama anaknya, atau nama keponakannya. Saya tidak tahu. :)

Khusus di Mekkah, banyak dijumpai baqolah bertuliskan "Toko Indonesia", artinya, warung ini menjual barang-barang yang biasa di konsumsi jamaah umrah dan haji asal Indonesia. Pelayannya pun rata-rata bisa bahasa Indonesia.

Pemilik baqolah melihat peluang bisnis jualan produk Indonesia sangat menjanjikan, karena jumlah jamaah umrah dan haji asal Indonesia sangat banyak. Tahun ini, jumlah jamaah haji Indonesia mencapai 231 ribu orang.

Saat saya ambil foto, baqolah ini dalam keadaan tutup (pas abis adzan Isya) jadi tidak bisa melihat apa saja barang yang dijual.

Merujuk kepada definisi baqolah disini, kalau kita terapkan di Indonesia, Alfamart dan Indomaret, nampaknya pas juga jika disebut baqolah.

Keterangan foto: Salah satu baqolah di dekat Daker Mekkah.

Budi Marta Saudin
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: