Penerapan Riba Dalam Ekonomi Modern

Penerapan Riba Dalam Ekonomi Modern

FIQH PERBANKAN SYARIAH: PENGANTAR FIQH MUAMALAT DAN APLIKASINYA DALAM EKONOMI MODERN (70)

Oleh: DR. Yusuf Al Subaily

PENERAPAN RIBA DALAM EKONOMI MODERN

I. Jasa Perbankan

D. Macam-macam operasional perbankan dan hukumnya

Kelompok Kedua: Jasa Kredit

a. Jasa perkreditan ada beberapa bentuk, di antaranya;

2. Bai' bi taqsith ( Jual-beli Kredit installment sale ).

c. Catatan:

Apa perbedaan antara bunga yang diperoleh dari kredit yang merupakan urat nadi jasa bank konvensional dan laba yang diperoleh dari hasil jual-beli kredit yang merupakan urat nadi bank syariah? Kenapa yang satu diharamkan dan yang lain dibolehkan?

Dari tampak luar tidak ada beda antara seseorang yang meberikan kredit 100 juta rupiah kemudian debitur membayarnya sebanyak 110 juta rupiah dan orang yang membeli barang tunai dengan harga 100 juta rupiah dan membelinya tidak tunai dengan harga 110 juta rupiah.

Jawab: antara 2 transaksi di atas terdapat banyak perbedaan, diantaranya:

1. Bunga kredit berasal dari pembiayaan keuangan, yakni: uang ditukar uang, sedangkan laba penjualan kredit berasal dari pembiayaan barang, yakni: barang ditukar dengan uang.

2. Dalam kredit tidak ada perputaran harta, uang melahirkan uang, sedangkan dalam penjualan kredit terjadi perputaran harta; dari uang menjadi barang kemudian kembali lagi menjadi uang, hal ini membuat roda ekonomi berputar dan harta tidak dimonopoli oleh sekelompok kecil orang para pemilik modal.

3. Kredit merupakan sebab utama terjadinya problem ekonomi yang meresahkan masyarakat dewasa ini dalam bentuk inflasi. Karena pertambahan jumlah uang beredar tidak diikuti dengan pertambahan barang dan jasa. Berbeda dengan penjualan kredit, dimana jumlah uang yang dikucurkan diiringi dengan pertambahan barang dan jasa secara riil.

Bersambung...

Penerjemah: Dr. Erwandi Tarmizi, MA
_____
Follow Us:
Fanspage Fb: @syariahmovement
https://m.facebook.com/syariahmovement/

Instagram: @syariahmovement
https://www.instagram.com/syariahmovement/

WhatsApp Group (Saat ini Khusus Ikhwan/ Pria): 0896 8760 0331

Tidak ada komentar: