Sunnah Nabi: Adab Memberi Salam

Sunnah Nabi: Adab Memberi Salam

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: [قَالَ] رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم لِيُسَلِّمْ اَلصَّغِيرُ عَلَى اَلْكَبِيرِ, وَالْمَارُّ عَلَى اَلْقَاعِدِ, وَالْقَلِيلُ عَلَى اَلْكَثِيرِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
Dari Abu Huroirah rodhiyallohu ta'aala ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang besar ( lebih tua ), hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk dan hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.” (Muttafaqun ‘alaih)

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Kitab Al Isti’dzan ( meminta izin ) Dalam Bab keempat yaitu Bab “Mengucapkan salam dari yang sedikit kepada yang banyak” dan pada Bab “Orang yang sedikit memberi salam pada orang yang banyak”. Juga hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim.

FAEDAH

1. Hendaklah yang kecil mengucapkan salam pada yang lebih dewasa karena inilah hak orang yang lebih tua. Sebab yang lebih muda diperintahkan untuk menghormati yang lebih tua dan diperintahkan tawadhu’ atau rendah hati.

2. Boleh saja yang lebih tua mengucapkan salam pada anak-anak karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengucapkan salam pada anak-anak. Mengucapkan salam seperti ini termasuk dalam mengajarkan hal sunnah dan mengajarkan adab yang baik kepada mereka. Sehingga nantinya ketika sudah dewasa terbiasa untuk mempraktikkan adab salam. Namun anak kecil kalau diberi salam tidak dibebani wajib untuk menjawabnya karena ia belum dikenakan hukum syariat. Akan tetapi sesuai adab, anak kecil tersebut disunnahkan menjawabnya.

3. Orang yang berjalan hendaklah memberi salam kepada orang yang sedang duduk. Ini juga dimisalkan untuk orang yang masuk memberi salam kepada penghuni rumah.

KITAB : SHOHIHUL BUKHORI ( no.6231 )

✓ Boleh di share seluasnya tanpa mengurangi isi tulisan.

Dibagikan oleh : Rumah Ilmu Dar Alamiyyah & Kampus dakwah Utsman di bawah bimbingan Ustadz Anton Abdillah Al Atsar

https://www.facebook.com/368891123961042/posts/433892960794191/?app=fbl
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: