BerSyukur Atas TakdirNya

BerSyukur Atas TakdirNya

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّى فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا. وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ
…jika sesuatu menimpamu, maka janganlah mengatakan,’Seandainya aku melakukannya, niscaya akan demikian dan demikian.’ Tetapi ucapkanlah, 'Sudah menjadi ketentuan Allah, dan apa yang dikehendaki-Nya pasti terjadi… (HR. Muslim)

Orang yang beriman bahwa apa yang menimpanya ‘Sudah menjadi ketentuan Allah’, akan terdorong untuk semata-mata bersyukur kepada Allah 'Azza wa jalla.

Jika ia ditimpa sesuatu yang disukai, maka ia bersyukur kepada Allah 'Azza wa jalla; karena Dia-lah Yang memberi nikmat dan karunia. Jika ia ditimpa sesuatu yang tidak disenangi, dia juga bersyukur kepada Allah 'Azza wa jalla atas takdir-Nya, dengan menahan amarah, tidak mengeluh, tetap memelihara adab dan menempuh jalan ilmu. Sebab, mengenal Allah 'Azza wajalla dan beradab kepada-Nya akan mewariskan rasa syukur kepada Allah 'Azza wajalla atas segala yang disenangi dan yang tidak disenangi, meskipun bersyukur atas hal-hal yang tidak disenangi lebih berat dan lebih sulit.

(Muhammad bin Ibrahim al-Hamd, “al-Iimaan bil Qadha Wal Qadar”, ei. hal.106)

Al-Sofwa Channel | alsofwa.comalsofwah.or.id
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82
______________________________
support channel youtube DAKWAHPOST dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: