Dilanda Sifat Kikir, Paksakan Diri Bersedekah


Yang namanya jiwa, tabiat dasarnya cinta pada harta, sulit untuk mengeluarkannya karena takut jatuh miskin. Apalagi disaat badan sehat. Namun, justru disitulah letak ganjaran yang besar bagi mereka yang mau menginfakkan hartanya meski jiwanya berat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia bercerita: “Ada seorang datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam kemudian bertanya, ‘Wahai Rasulullah sedekah yang bagaimana yang paling besar pahalanya?’ Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى
‘Engkau bersedekah sementara engkau dalam keadaan sehat, hatimu ada sifat kikir, khawatir akan tertimpa miskin dan ingin menjadi kaya.’” (HR. Bukhari: 1353, Muslim: 1032 )

Demikianlah, bahwa pahala seorang yang bersedekah akan bertambah pada saat jiwanya dilanda sifat kikir, keinginan menjadi kaya, dan badannya sehat. Oleh sebab itu, maka paksalah jiwa ini untuk bersedekah meski masih terasa berat. Moga-moga ia ke depannya biasa berbuat kebaikan.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: