Harapan yang Tak Berubah


Iman seseorang akan terlihat dengan jelas ketika menghadapi cobaan. Ia terus berdoa dengan sungguh-sungguh, namun tidak kunjung melihat tanda-tanda dikabulkan. Harapannya tidak pernah berubah meski banyak alasan untuk putus asa. Karena ia tahu benar bahwa tuhannya lebih mengetahui apa yang terbaik baginya dibanding dirinya.

Tidakkah Anda mendengar kisah Nabi Ya’qub ? Dia didera cobaan selama 80 tahun, tapi harapannya tidak pernah berubah. Ketika dia kehilangan Bunyamin setelah kehilangan Yusuf, harapannya tetap tak berubah. Dia justru berkata :

عَسَى اللَّهُ أَنْ يَأْتِيَنِي بِهِمْ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ
Mudah-mudahan Allah berkenan mendatangkan mereka semuanya kepadaku. Sungguh, Dialah yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana (Qs. Yusuf : 83)

Jadi, jangan sekali-kali Anda merasa terlalu lama didera cobaan dan menggerutu karena terlalu banyak berdoa. Karena Anda sedang diuji dan diminta untuk bersabar dan berdoa. Jangan pernah merasa putus asa dari rahmat Allah, meski cobaan sudah lama mendera.

(Ibul Jauzi, Shaidul Khathir, 552)

sofwa.tv | alsofwa.com
Konsultasi Islam & Keluarga (021-7817575)
W.A Dakwah Al-Sofwa +62 81 3336333 82
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: