Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dengan Berpuasa

Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Dengan Berpuasa

Puasa itu melatih kita menjadi lebih baik. Dia mengajarkan kita agar kita dapat mengontrol diri; berbicara yang baik, meninggalkan perbuatan bodoh yang tak berguna serta meredam emosi ketika ada yang berusaha menyiramkan bensin pada percikkannya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ
“Puasa adalah perisai, maka janganlah mengucapkan perkataan kotor dan melakukan perbuatan yang bodoh. Apabila ada yang mengajak bertengkar atau mencaci maki maka hendaknya ia mengatakan: ‘Aku sedang berpuasa.’” (HR. Bukhari: 1894, Muslim: 1151)

Oleh sebab itu, puasa arafah, selain keutamaannya yang agung, jadikan puasa hari ini, dibulan yang mulia ini sebagai momentum untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Yang pemarah, sering berucap kotor, suka bertengkar dan melakukan perbuatan sia-sia, maka puasa adalah obatnya. Perangai dan karakter diri kita bukan seperti susu yang tumpah ke tanah sehingga tak bisa lagi diperbaiki. Yang penting adalah usaha, sungguh-sungguh dan manfaatkan kesempatan. Adapun hasil Allah-lah yang lebih bijaksana.

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Zahir al-Minangkabawi
artikel maribaraja.com
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    No comments: