Bedakan Membaca Yasiin dengan Yasiinan agar tidak terseret pada Bid'ah

kapan pendapat ulama diterima

Membaca Yasiin dan Yasiinan serupa tapi tak sama, yaitu sama-sama membaca Al Quran Surat Yasiin, tetapi cara dan tujuannya yang berbeda.

1. Membaca Yasiin adalah membaca Al Quran Surat Yasiin, sedangkan Yasiinan adalah tradisi berkumpul-kumpul di suatu tempat untuk membaca bersama Surat Yasiin.

2. Membaca Yasiin biasanya dibaca di rumah sendiri atau di masjid secara sendiri-sendiri, sedangkan Yassiinan biasanya dilakukan di rumah tetangga yang melakukan hajatan tertentu seperti pindah rumah, pernikahan atau selamatan haji dan dibaca secara bersama-sama.

3. Membaca Surat Yasiin keutamaannya sama dengan membaca Surat lainnya dalam Al Quran, sedangkan Yasiinan diyakini masyarakat memiliki keutamaan yang lebih dari Surat lainnya, antara lain dapat mengundang berkah dan menolak segala keburukan bagi keluarga yang menggelar Yasiinan.

4. Yasiinan bersama-sama umumnya lebih disukai orang daripada membaca Surat Yasiin sendiri-sendiri, karena Yasiinan biasanya ditutup dengan makan atau bagi-bagi amplop.

5. Mengkhususkan membaca Surat Yasiin secara bersama-sama pada waktu dan tempat tertentu tidak disyariatkan oleh Rasulullah, dalil-dalil keutamaan Surat Yasiin menurut sebagian ulama adalah palsu, sedangkan membaca Al Quran secara bersama-sama bertentangan dengan QS. Al A'raaf:204 yang memerintahkan kita diam bila ada orang yang membaca Al Quran,bukan membaca bersama-sama dengan mengeraskan suara.

Membaca Al Quran yang terbaik adalah rutin melaksanakan setiap hari di rumah sendiri sambil mentadabburi (menyimak dan mengambil pelajaran di dalamnya), walau sedikit sampai khatam dan mengulangi dan terus mengulangi. Membaca Al Quran yang terburuk adalah membaca Al Quran dengan riya' dan karena mengharap imbalan dari orang lain seperti makanan dan uang.

Mencintai suatu ayat atau Surat dalam Al Quran diperbolehkan, yang penting membacanya bukan untuk urusan keduniaan seperti untuk mendapatkan berkah atau menolak sial melainkan untuk tujuan yang disyariatkan, seperti mendapat pahala, mendapat pelajaran, melindungi diri atau rumah dari gangguan setan atau untuk menyembuhkan penyakit hati atau penyakit gangguan setan.

https://www.facebook.com/groups/1139336492750046/permalink/3053096574707352/?app=fbl
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: